My 500 Words

Senin, 28 September 2009

Cukup Populerkah Anda di Web?

Oleh : Jannerson Girsang

Kalau selama ini anda sudah mengenal istilah PageRank untuk mengukur traffik ke web anda (seperti Alexa, Google, dan lain-lain), maka kini anda menemukan istilah PeopleRank--mengukur kepopuleran orang di web dengan mesin pencari bernama : WebMii. Levelnya Internasional dan Perancis. Negara lain menyusul barangkali.

Disamping itu, web ini juga bisa digunakan mencari jejak teman atau seseorang di internet, seperti sudah dibahas dalam www.visigraphic.com.

28 September 2009 lalu, iseng-iseng saya membuka website yang sudah link ke website saya beberapa waktu lalu. Sebelumnya, saya tidak begitu tertarik karena nama webnya agak asing.

Setelah membuka, saya tertarik dengan sebuah pernyataan di bawah logo web tersebut berbunyi seperti ini :

”Find all online public information about you (and other people) and get your PeopleRank: your visibility score on the web”.

Kata-kata PeopleRank, skor kepopuleran, menarik bagi saya, karena latar belakang saya pernah menjadi konsultan kampanye. Betapa sulitnya menilai kepopuleran seseorang, sebagai awal merencang sebuah program kampanye di pilkada, maupun legislatif.

Hebat juga!. Web ini menciptakan ranking semua manusia yang nyantol di web, dengan ranking dimulai dari terendah 0 dan tertinggi 10.

Anda bisa lakukan langkah-langkah berikut :

1.Kunjungi website http://www.webmii.com

2.Isi nama depan anda (orang yang ingin anda ranking) di kolom kiri dan nama belakang di kolom kanan.

3.Di sebelah kanan kolom nama belakang terdapat kolom dengan dua pilihan, mau lihat kepopuleran anda (orang yang anda cari) di level internasional, pilih internasional, dan kalau ingin tau kepopuleran di Perancis, pilih France.

4.Lihat rank kepopuleran anda di sebelah kiri : di sana akan tertera ranking antara 0-10. Warna angkanya merah jambu.

Saya tidak tau validitas mesin pencari ini. Tapi, bagi saya sebagai hiburan ya oklah!

Web ini juga menampilkan foto orang tersebut di internet, keanggotaan di berbagai jejaring sosial seperti Facebook, MySpace, LinkedIn, Bebo, Twitter, Website dan blog yang dimilikinya, Kata kunci yang berhubungan dengan orang tersebut, Orang-orang yang saling terhubung dengannya dan data anda di mesin pencari Yahoo dan Google. (Lihat ulasan www.visigraphic.com).

Selain itu juga ditampilkan berita anda (seseorang yang anda cari) selama 30 hari terakhir!.

Kini para netter (pengguna internet) bisa melihat kepopuleran dirinya, teman dan tokh idolanya. Salut buat pencipta WebMii. Selamat berkreasi!.


Tidak ada komentar: