My 500 Words

Sabtu, 21 Juli 2012

Oleh : Jannerson Girsang


http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTlPCnuXem1tdl3muX0bOT64QKGhTWwpqwLzzQ3AkpVe2AbOQDJ0A
 sumber foto: http://t2.gstatic.com/images

Berangan-angan menjadi penulis tidak cukup membekali diri dengan kemampuan teknis menulis, tetapi juga inspirasi dan motivasi menulis. Salah satu caranya adalah belajar dari mereka yang sukses menulis!. Kali ini saya mengajak anda mengunjungi sebuah situs terkenal: http://www.pembelajar.com.

Fakta menunjukan bahwa para penulis besar umumnya bertempat tinggal di Jakarta. Di sanalah singa-singanya penulis berkumpul. Saya tidak menafikan ada penulis-penulis besar yang tinggal di daerah.

Untuk menemui salah satu diantara merekapun, tentu sangat sulit bagi kita yang berada di daerah, apalagi menemui mereka satu per satu. Syukurlah, kini kita sudah dihubungkan dengan internet, yang memungkinkan kita menjangkau dan menikmati pengalaman dan karya-karya mereka. Gratis pula! Meski Anda tinggal jauh di pedalaman, bila anda tersambung ke internet maka peluang bertemu penulis besar anda sama dengan saya yang tinggal di Medan.

Situs http://www.pembelajar.com adalah situs dimana berkumpul para penulis hebat negeri ini. Situs ini berisi artikel-artikel yang ditulis pada penulis best seller di tanah air. Mulai dari kisah sukses menulis, serta berbagai artikel-artikel motivasi. .

Rasanya berbeda belajar dari mereka yang sudah makan banyak asam garam soal tulis menulis, dari sekedar membaca teori-teori penulisan. Selain teori, Anda bisa meresapi pengalaman para penulis handal itu dalam menjalani proses menulis hingga menjadi seorang penulis professional.

Pasti anda familiar dengan nama-nama ini. Andrias Harefa—penulis lebih dari 35 buku laris, Trainer Coach pengalaman 20 tahun, dan pendiri Pembelajar.com, penulis buku Agar Menulis/Mengarang Bisa Gampang dan Mengukir Kata Menata Kalimat, Her Suharyanto—Trainer, Konsultan Penulisan dan Penerbitan, Editor Ekonomi, dan Editor, Hasudungan Sirait—Trainer Jurnalistik, Konsultan beberapa media, Editor, dan Penulis buku, Jennie S.Bev, dan Jennie S. Bev—dikenal sebagai salah satu penulis, pengusaha, dan pengajar yang sukses berkarir di Amerika Serikat, .Edy Zakeus, editor Pembelajar.com, penulis buku-buku best-seller, penerbit buku, dan konsultan penerbitan.

Ibarat Anda sedang berdiri di terminal mau ke sebuah tujuan yang belum pernah anda kunjungi. Dalam situs ini, Anda benar-benar menemukan seorang supir yang memahami jalan dan bus yang akan anda tumpangi. Anda tidak hanya bertemu seorang agen yang berteriak-teriak menawarkan penumpang menuju sebuah lokasi, padahal dia belum pernah sama sekali mengunjungi lokasi itu.

Pengalaman Jennie S Bev misalnya. Dalam situs ini dijelaskan bagaimana dirinya menjadi seorang penulis besar dan profilnya tampil di berbagai media nasional terkemuka, serta media asing seperti The New York Times dan lain-lain.

Anda juga bisa menikmati artikel-artikel yang diarsipkan dalam rubrik-rubrik Kolomnis, Writer Schoolen, Kolom Bersama, Galeri Buku Alumni, Wawancara, Galeri Foto, kita seolah menjelajah dunia penulisan di abad ini.

Pastikan anda belajar atau bertanya dari mereka yang memang seorang supir yang setiap hari membawa penumpang dan bisa merasakan apa yang dilihat dan dialami seorang supir. Saya pernah berkomunikasi dengan Jennie S Bev melalui e-mail. Dia orang yang rendah hati dan membalasnya.

Tentu, tidak mengharap dia bisa memberikan banyak waktu yang berharga mengajar saya. Tapi hanya membuktikan bahwa pengalaman itu memang benar dan orangnya ada. Dia adalah orang Indonesia asli dan kini bermukin di Amerika Serikat dan menjadi penulis terkenal di sana. Mengapa dia bisa,kok saya tidak.

Belajar menulis dari seorang penulis professional memberi kita pemantapan teori teknis menulis, dan mengisinya dengan inspirasi dan motivasi mereka menulis. Karena salah satu motivasi yang mendorong seseorang untuk menulis adalah menjadi seorang penulis besar, dan menjadikan salah satu diantara mereka menjadi idola dan meniru cara-cara mereka sukses.

Menulis secara berkelanjutan tidak cukup dibekali dengan teori, tetapi lebih pada bagaimana menguasai cara menulis dan memberi gairah menulis. Menulis secara berkelanjutan adalah menjadikan menulis sebuah profesi!.

Pelajaran itu akan sangat menolong bila Anda belajar sendiri dari yang sudah berpengalaman dan mampu mengisi diri Anda.

Berdasarkan Pengalaman Para Penulis Handal


Artikel-artikel di dalam pembelajaran.com ditulis berdasarkan pengalaman para penulis handal di lapangan yang memberi anda inspirasi mengikuti jejak mereka. Artikel-artikelnya bukan buku teks cara menulis yang banyak beredar di pasaran.

Situs ini adalah ungkapan pikiran penulis-penulis professional Indonesia dan memberi inspirasi bagi anda yang sedang menapaki cita-cita untuk menjadi penulis professional.

Situs yang didirikan dan dikelola para penulis handal ini ini berisi kumpulan artikel kreatif dan sangat inspiratif menjadikan anda menjadi seorang penulis.

Setiap artikel dilengkapi dengan e-mail para penulisnya yang memungkinkan pembaca bisa berhubungan langsung dengan penulisnya.

Selain itu, website ini juga menampilkan beberapa even-even training penulisan dan motivasi yang mungkin bsa diikuti para penulis. Pembelajaran.com juga menawarkan anda jadwal training penulisan dan motivasi. Anda ingin seperti mereka?. Silakan kunjungi situs: http://www. pembelajar.com. ***

Penulis adalah penulis Otobiografi.
Dimuat di Harian Analisa Cetak, 24 Juli 2012 

Tidak ada komentar: