My 500 Words

Jumat, 03 Juli 2009

Menulislah!, Maka engkau akan abadi.!


RESENSI BUKU

“Lewat Tanya Jawab Anda Bisa Menulis”

Oleh: Jannerson Girsang.

Ali Murthado, penulis buku motivasi penulisan, “Menulis di Surat Kabar Gampang” dan “Menghasilkan Uang Lewat Tulisan”, kembali meluncurkan buku barunya ”Lewat Tanya Jawab Anda Bisa Menulis Artikel” di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, 1 Juli 2009 lalu. Buku yang diterbitkan Wal Ashri Publishing ini merupakan kumpulan tanya jawab seputar motivasi penulisan artikel di media.

Buku setebal 115 halaman ini mengarahkan Anda menumbuhkan motivasi memulai menulis di media, sekaligus menghasilkan uang. Penulis yakin, salah satu peluang yang saat ini dilirik adalah menulis di media cetak maupun elektronik.

Jika Anda terbelenggu menulis karena alasan kemampuan bahasa, pengetahuan tulis menulis, tidak memiliki hasil observasi yang lengkap, tidak punya bakat menulis. Jangan frustrasi!. Buku ini menjawab masalah anda. Karena ternyata, masalahnya menulis bukan soal itu!

Tokh, sebanyak apapun anda mengetahui teknik menulis, tetapi ”Anda sendiri belum tergerak untuk menulis, sama saja itu hanya mimpi”, demikian ditegaskan dalam bab Pendahuluan buku ini. Lakukan menulis. Action!. Baru lengkapi diri Anda dengan teori atau informasi yang berhubungan dengan artikel yang akan anda tulis. Motivasi, kemauan menulis dan disiplin. Itulah kuncinya!.

Penjelasan dengan gaya Dialog—yang merupakan ciri khas buku ini dimulai dari Bab II hingga Bab VII. Membaca bab-bab ini anda akan termotivasi dalam mengatasi masalah Persiapan Menemukan Ide, Mulai Menulis, Mengikat Makna, Kesulitan yang Sering Terjadi, Mengutip Sumber dan Hambatan Menulis.

Bagian paling akhir Bab Penutup, menyajikan 4 contoh artikel yakni Artikel Umum, Artikel Agama, Artikel Iptek, Artikel Wisata, memudahkan Anda melihat model dan memilih topik artikel yang dipilih memulai menulis.

Secara umum, buku ini cukup memenuhi unsur-unsur mencerdaskan, mencerahkan, sekaligus memotivasi pembaca memulai menulis. Namun, mengingat bahasanya yang terkesan sedikit ”intelek” walau disajikan dengan gaya populer, kami menyarankan buku ini adalah bacaan bagi para mahasiswa.

Tak lupa, beberapa kritik disajikan disini dalam rangka perbaikan buku ini. Masih ditemukan kealpaan dalam pekerjaan pencetakan. Dalam buku yang kami pegang terdapat 2 halaman 82. Sebaliknya, bagian VIII: sub bab Penutup dalam daftar isi ditunjuk pada halaman 87, ternyata tidak tercantum dan tidak terdapat di halaman manapun. Sayang sekali, bio data penulis yang sebenarnya bisa menjadi salah satu sumber inspirasi dan motivasi bagi pembaca tidak dicantumkan di bagian belakang buku. Selain itu, terdapat halaman-halam kosong sebelum dan sesudah bab pembatas. Sebaiknya halaman-halaman tersebut diisi gambar atau teks.
Terlepas kekurangan kecil buku ini, di tengah-tengah langkanya buku tentang motivasi penulisan yang ditulis putra-putri Sumatera Utara saat ini, kehadiran buku ini layaknya ”oase” di gurun pasir. Kegigihan dan konsistensi penulisnya memproduksi buku-buku jenis ini, pantas diacungi jempol!.

Menulislah!, Maka engkau akan abadi.!. Selamat membaca!

Tidak ada komentar: