My 500 Words

Jumat, 03 Juli 2009

Wartawan Baru Sempurna setelah Menulis Buku.


Ali Murthado (Kiri) dan Rizal Surya (Kanan)

Di tengah-tengah rendahnya minat penulisan buku oleh wartawan daerah di Provinsi Sumatera Utara, dua orang wartawan muda meluncurkan buku. Atas undangan salah seorang penulis, kami menghadiri acara tersebut. Kedua buku tersebut adalah ”Lewat Tanya Jawab Anda Bisa Menulis Artikel” karya Ali Murthado dan ”Tulisan Ringan Seorang Jurnalis” karya Rizal Surya. Kedua penulis itu, sehari-harinya adalah wartawan Analisa—media terbesar di pulau Sumatera yang terbit di Medan. Menurut H. Soffyan, penulisan buku adalah kesempurnaan seorang wartawan dalam menekuni dunia jurnalistik.

Tulisan Ringan Seorang Jurnalis : Pileg 2009, dinilai beberapa pembanding mampu memberikan pencerahan kepada setiap orang tentang pemilu legislatif yang baru berlangsung April lalu dan menjadi satu pemikiran aktual bagi pelaku politik dan masyarakat dalam menyikapi pemilu legislatif mendatang. Para pembanding mengatakan penulis buku ini paham terhadap hal-hal yang terjadi di sekelilingnya. Dia mencatat sejarah pertama kalinya pemenang caleg dari etnis Tionghoa dengan menempatkan 11 etnis tersebut duduk di lembaga legislatif di Sumatera Utara—salah satu dari 33 provinsi di Indonesia yang berpenduduk lebih dari 12 juta jiwa itu. Sementara buku ”Lewat Tanya Jawab Anda Bisa Menulis Artikel”, adalah sebuah pengalaman penulis yang dinilai mampu memberikan bimbingan bagi penulisan artikel pemula di media.

Peluncuran buku dilakukan di Aula Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Sumut, Jalan Brigjen Katamso Medan, Rabu, Juli 2009. BPAD bekerja sama dengan Lembaga Baca Tulis (eLBeTe).
Beritanya lengkap bisa dibaca di Harian Analisa 2 Juli 2009 dan www.analisadaily.com

Tidak ada komentar: