My 500 Words

Selasa, 05 Juli 2011

Christine Lagarde, Perempuan Pertama Direktur IMF

Cetak Email
Oleh : Jannerson Girsang *)

Makin terbukti bahwa batas prestasi perempuan adalah ruang antara langit dan bumi. Dalam mencapai jabatan puncak, perempuan memang butuh kerja keras, waktu dan tentunya dukungan system.

28 Juni lalu, Christine Lagarde—perempuan Prancis terpilih menjadi Direktur—jabatan puncak di organisasi internasional itu, setelah 66 tahun posisi puncak lembaga yang beranggotakan lebih dari 180 negara itu dipegang kaum laki-laki.

IMF adalah lembaga dunia yang bertanggungjawab dalam mengatur sistem finansial global dan menyediakan pinjaman kepada negara anggotanya untuk membantu masalah-masalah keseimbangan neraca keuangan masing-masing negara

Menarik menyimak kesan Christine Lagarde saat diwawancarai untuk menetapkan dirinya terpilih sebagai Direktur IMF. Dia diwawancarai 24 orang laki-laki anggota Board lembaga itu, melawan saingannya seorang bankir laki-laki dari Meksiko.

"Saat saya diwawancara selama tiga jam oleh 24 orang laki-laki, saya pikir baik dimana sesuatu sedang berubah sedikit," ujarnya kepada para wartawan yang mengerubutinya, usai dirinya terpilih sebagai Direktur IMF.

Di tengah-tengah pewawancara—yang semuanya laki-laki, Christine berhasil menyisikan saingan tunggalnya Agustin Carstens, Gubernur Bank of Mexico, dengan dukungan negara-negara ekonomi yang baru bangkit. Ibu dua anak itu menggantikan Direktur IMF sebelumnya, Dominique Strauss-Kahn, yang mengundurkan diri. Dominique Strauss-Kahn ditahan di Amerika karena terkait kasus seksual. Walau kemudian dia menyanggah semua tuduhan atas dirinya.

Kombinasi Hati dan Profesionalisme

Schwab, pendiri dan eksekutif Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) dalam mediaonline www. time.com: April 29, 2010, mengungkapkan bahwa Christine Lagarde memiliki pengalaman internasional yang luar biasa dan keberhasilan tertinggi di bidang profesi hukum, ditambah dengan masuknya dirinya ke panggung politik, membekalinya sebagai seorang menteri keuangan perempuan yang paling berbakat-reputasi diperkuat oleh nilai-nilai dan keyakinan personal yang kuat. "Kombinasi hati dan profesionalisme membuat dia seorang pemimpin yang luar biasa," ujar Schwab.

Perjalanan karier Christine memang cukup menarik. Christine Lagarde yang memiliki nama lengkap Christinee Madeleine Odette Lagarde, dilahirkan di Paris pada 1 Januari 1956. Lulus dari Le Havre and Bethesda (Md USA) di Holton Arms School. Kemudian dia memperoleh gelar Master of Arts dan sarjana di bidang Hukum dan Sosial.

Jauh dari keahlian sebagai ekonom yang biasa bagi para pejabat IMF, Christine Lagarde di awal kariernya pernah menekuni pekerjaan sebaga pengajar, kemudian bergabung dengan biro hukum internasional Baker & McKenzie yang berbasis di Chicago. Pada 1995, dia diangkat menjadi anggota Komite Eksekutif biro hukum tersebut. Lantas, pada 1999 menjadi Komite Eksekutif.

Pada 2004 dia menjadi Ketua Global Strategy (Chairman of the Global Strategic Committee). Karier gemilangnya tercipta saat dia memimpin Baker & McKenzie. Pada 2004 dia berhasil meningkatkan pendapatan kotor sebesar 50%, membukukan pendapatan US$ 1.3 miliar.

Pada 2005, Perdana Menteri Prancis Dominique de VILLEPIN mengundangnya bergabung dengan pemerintahannya pada Juni 2005. Christine Lagarde menyumbangkan keahliannya untuk mengabdi pada negaranya, sebagai Menteri Perdagangan.

Lantas, di masa pemerintahan Nicolas Sarkozy, dia diangkat sebagai Menteri Pertanian, dan kemudian menjadi Menteri Keuangan pada reshuffle kabinet Prancis pada Juni 2007dan menjadi Menteri Keuangan Perempuan Pertama di Prancis, dan dikenal sebagai perempuan pertama yang pernah menjabat menteri Urusan Ekonomi dalam kelompok ekonomi G8—Prancis, Jerman, Italia, Inggeris, Jepang, Amerika Serikat, Kanada dan Russia.

Menarik Perhatian Media

Kemampuannya sebagai negosiator ulung dan kelihaiannya sebagai tokoh perempuan yang menonjol, menarik perhatian media. Itulah salah satu keunggulan orang yang dianggap mewakili elit Eropa ini, sehingga Christine dikenal secara luas.

Terpilihnya Christin menarik perhatian media di dalam dan di luar negeri. Harian yang terbit di Medan, seperti Harian Analisa (30 Juni 2011) dan media lainnya menempatkan berita terpilihnya Christine Lagarde dalam ruang yang cukup strategis.

Harian The New York Times menggambarkan Christine Lagarde sebagai orang terdepan dalam penyelesaian krisis di Junani, Irlandia dan Portugal. "As the finance minister of one of Europe’s most powerful economies, Ms. Lagarde has been at the forefront of efforts to contain the European debt crisis, which has led Greece, then Ireland and Portugal, to seek bailouts to help them pay their huge sovereign debts,"demikian dikutip dari harian yang berbasis di New York itu dalam edisi online 28 Juni 2011.

Beberapa penghargaan media diperolehnya dari hasil jerih payahnya. Pada 16 November 2009, The Financial Times memilihnya sebagai menteri keuangan terbaik di kalangan negara-negara yang menggunakan mata uang Euro Pada 2009, majalah Forbes menempatkan Lagarde di tempat ke-17 sebagai perempuan yang paling berkuasa di dunia.

Renungan

Bagi perempuan Indonesia, prestasi Christine Lagarde setidaknya menjadi sebuah pelajaran betapa sebuah kedudukan memerlukan profesionalisme, kerja keras dan kemampuan mendulang dukungan semua pihak. Tidak saja untuk jabatan tingkat dunia, juga di tingkat nasional maupun daerah.

Christine menapaki kariernya dari bawah. Mulai dari seorang pengacara, pemimpin perusahaan yang sukses, kemudian memasuki birokrasi dan prestasinya dikenal dunia internasional.

Sekedar informasi, dalam bursa pencalonan Direktur IMF, berbagai media sempat menyebut nama seorang tokoh perempuan Indonesia, mantan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani sebagai salah seorang calon kuat Direktur IMF dari Asia.

"Dua kandidat yang potensial adalah Menteri Keuangan Singapura Tharman Shanmugaratnam dan Sri Mulyani Indrawati," katan Korn Chatikavanij, Menteri Keuangan Thailand, seperti dikutip Asia Wall Street Journal 19 Mei 2011.

Semoga dalam pertaruang jabatan inernasional ke depan—tidak saja dalam IMF tentunya, para wanita Indonesia tidak tinggal diam. Mereka harus bersuara tentang rekan-rekannya yang menonjol. Nama Sri Mulyani, meski hanya turut meramaikan bursa calon, tetapi setidaknya sudah diperhitungkan dalam kancah perebutan kepemimpinan skala dunia. Ini hanya sebuah contoh di IMF. Banyak lagi bidang lain yang perlu mendapat perhatian kaum perempuan Indonesia.***

Penulis Biografi, tinggal di Medan

Sumber: www.analisadaily.com, Analisa Cetak: 5 Juli 2011 hal 25.

Tidak ada komentar: