My 500 Words

Senin, 23 Maret 2009

Pengalaman Seorang Writer dan Biographer



Menulis Riwayat Hidup Anda Menceritakan Cerita Keluarga Anda Menyelamatkan Jiwa, Sebuah Cerita pada Suatu Masa


”Proses dari reiview kehidupan merupakan pengobatan alternatif, khususnya pada usia lanjut, dan membuat kisah hidupnya terekam (bagaimanapun sederhananya atau mewahnya paket itu) adalah sebuah hadiah sangat bagus kepada generasi yang berikutnya, dan kepada generasi sesudahnya” (Pat McNees)

MEMULAI

Setiap orang memiliki kisah untuk diceritakan, masalahnya banyak orang tidak mampu menuliskannya dan memerlukan bantuan—atau membutuhkan waktu mengumpulkan dan merekam cerita anggota keluarga yang lain. Saat kita mengatasi perasaan malu atau kesederhanaan, tapi jujur saja, kita semua menikmati sebuah proses mengenang kembali peristiwa masa lalu di dalam sebuah rentang waktu dan ruang. Sekali kita mencapai usia tertentu "review kehidupan", terasa sebuah penghargaan, namun, pada setiap tahap usia bisa menjadi sebuah kesenangan yang luar biasa dan menjadi sebuah sumber pemahaman hidup yang mengagumkan. Jika anda seorang anggota keluarga yang lebih muda, percayalah padaku: Anda mungkin tidak ingin mendengar cerita tersebut sekarang, tetapi akhirnya anda akan mau.

Dapatkan cerita itu sekarang— sebelum memori memudar, dan selagi orang-orang bersangkutan masih hidup. Jika tidak ada cara lain, rekamlah cerita itu— anda dapat memutuskan kemudian apakah anda akan melakukan sesuatu lebih mendalam (padu) dan formal. Dengan memiliki suara dalam rekaman tape,bersama cerita foto yang disimpan di belakangnya, merupakan sebuah warisan yang lebih berarti dalam jangka panjang dibanding semua warisan fisik yang anda miliki. Dan dalam jangka pendek bahan-bahan tersebut dapat memeriahkan peristiwa-peristiwa khusus, seperti hari ulang tahun, hari lahir, kebaktian peringatan peristiwa tertentu. Tentu saja, satu cara untuk meningkatkan kepedulian kepada pasien orang tua berusia lanjut di rumah sakit atau rumah perawatan adalah menuliskan sebuah kisah singkat hidup mereka dan ditempel di pintu, membuat mereka menjadi seseorang dengan sebuah kisah, dan tidak hanya sebagai pasien tua.

Seorang pewawancara yang berpengalaman dengan sebuah tape rekorder yang baik dapat menangkap kenangan keluarga yang akan diteruskan dari generasi ke generasi. (Banyak orang menemukan masa depan penulisan tentang kehidupan nyata mereka. Merekam cerita anda, bisa merupakan sebuah langkah pertama membantu anda menulis cerita sendiri). Jika seseorang di dalam keluarga anda mempunyai kisah untuk diceritakan, dan tidak bisa menceritakannya sendiri, doronglah mereka bekerja dengan dibantu pewawancara. Jika mereka tidak tau mulai dari mana, keluarkan kotak foto keluarga tempo dulu, dan ajak mereka menceritakan cerita tentang tanggal atau hari foto tersebut dibuat. Mulailah dengan sebuah kisah foto keluarga, dengan teks! Buatkan CDnya bagi semua anggota keluarga.

Sebagai wartawan profesional dengan rasa ingin tau yang tinggi tentang kehidupan orang lain, saya telah membantu riset dan menulis beberapa pribadi, keluarga, dan sejarah lembaga. Apa yang bisa anda harapkan ketika mempekerjakan seseorang membantu anda secara keseluruhan atau sebagian dari kisah hidup anda? Secara umum, kita melakukan wawancara, menyusun wawancara ke dalam tulisan, mengorganisir dan mengedit bahan-bahan, yang membantu anda menemukan "suara anda sendiri" (jika anda ingin menceritakan cerita menurut suara anda sendiri), dan biasanya membantu anda menangkap inti sari dari kisah kehidupan anda. Setiap orang memiliki sebuah kisah untuk dijelaskan, tetapi tidak semua orang menyadari bagaimana hidup mereka bisa menarik perhatian orang lain, terutama di dalam keluarga-atau bidangnya sendiri. Saya sering dibayar untuk mengungkap cerita hidup orang yang mereka cintai. Dan tidak perlu orang yang bersangkutan menceritakan kisahnya. Kadang-kadang ketika bintang bintang dalam kisah keluarga bersinar dalam tradisi "jangan pernah sembunyikan terompetmu”, saya mendapatkan orang lain dalam keluarga atau perusahaan, atau bidang lain menceritakan salah satu bagian dari cerita mereka. Lebih membosankan bila semata-mata hanya membual: kamu ingin mengetahui persisnya MENGAPA mereka menjadi yang terbesar, dan anda juga ingin memahami tentang kelemahan mereka, seringkali memberikan hasil terbaik (paling menghibur) kalau diceritakan orang lain. (Sebuah hal yang menarik untuk mendengarkan kisah seorang Kakek, pelaku bisnis yang sukses, yang kebiasaannya mengantongi gula dari restoran, seolah dia berbicara pada perjamuan, dan detil seperti itu membuat potretnya lebih manusiawi).

Proses dari tinjauan (reiview) kehidupan merupakan pengobatan alternatif, khususnya pada usia lanjut, dan membuat kisah hidupnya terekam (bagaimanapun sederhananya atau mewahnya paket itu) adalah sebuah hadiah sangat bagus kepada generasi yang berikutnya, dan kepada generasi sesudahnya. Sebuah kisah kehidupan tidak harus sebuah proyek yang ambisius. Dapat dilakukan secara bertahap. Mulailah dengan wawancara: Buat kenangan (memories) di dalam tape selagi memori masih dapat ditangkap. Biarkan orang yang lebih tua mengidentifikasi dan menceritakan tentang orang-orang dalam foto tua itu. Anda dapat memutuskan kemudian jika anda menginginkan wawancara itu terorganisir, diterbitkan, dan membuatnya ke dalam sebuah naskah tulisan yang lebih dipoles dan kemudian dicetak menjadi sebuah buku.

Tip: Dengan sebuah batas waktu (timeline), sebuah kronologi. Daftarkan semua hal-hal yang tidak begitu penting, tetapi berkesan (not-so-important-but-memorable) dan terjadi dalam hidup seseorang yang anda sedang tulis. Gunakanlah waktu yang tepat (timelines) seperti itu, saya sudah buat link untuk membantu memicu memori. Memperhatikan foto tua juga membantu memicu memori.

Orang-Orang biasa, Kehidupan yang luar biasa

Sebagai penulis profesional, aku sudah membantu banyak orang-orang biasa mengingat peristiwa hidup yang penting, dan menemukan bentuk cerita kehidupan mereka, yang pada umumnya dipesan orang lain di dalam keluarga itu. Pria pertama yang saya bantu membuat kisah hidupnya adalah seorang pelaku bisnis di Ohio pada usianya menjelang 80-an, Warren Webster.
Webster telah kehilangan kedua kakinya karena kencing manis (diabetes), kehilangan isterinya setelah 70 tahun perkawinan. Dapat dimengerti dia sangat tertekan. Ia telah pensiun dari apa yang ia sebut sebagai sebuah ”karier sederhana” dalam sebuah manufaktur dan bingung mengapa seseorang menginginkan kisah hidupnya, tetapi dengan menceritakannya, cerita itu merubahnya—sinar kembali terbawa ke matanya, membuatnya merasa sepenting itu untuk diketahui keluarga. Ketika saya menulis sebuah cerita atas wawancara dengannya, aku membacakannya keras-keras di hadapannya, saat merasa dirinya gagal. Webster adalah seorang pekerja pabrik yang kemudian menapaki kariernya masuk ke deretan eksekutif. Ketika aku membaca dengan suara keras, “Webster memutuskan bahwa sebuah kehidupan dengan kuku jari tangan yang kotor (dirty fingernails) bukanlah dia,” ia berkata, “Anda dapat berhenti tepat disana. Inilah inti seluruh cerita.” Tetapi ada yang jauh lebih bermakna: Cerita kariernya mencerminkan perubahan di dalam kultur Amerika dan industri transportasi abad ke duapuluh, bab tentang isterinya Mary perjuangan keras puluhan tahun mengatasi kekacauan yang bipolar menawarkan sebuah pandangan sekilas tentang sikap Amerika terhadap penyakit mental di pertengahan abad ke dua puluh, dan cerita itu akhirnya diterbitkan sebagai sebuah buku, An American Biography,dijual di Amazon.Com. Buku itu menjadi sebuah memorial yang mengesankan dalam hidupnya.


Kisah hidup tak perlu begitu ambisius. Saya sedang mengerjakan kisah foto sebuah keluarga yang melarikan diri ke California dari Kansas pada masa depressi di era 30-an. Kebanyakan kisah hidup diciptakan untuk keluarga—untuk generasi mendatang untuk keluarga tertentu — tetapi bisa bermanfaat ke masa depan bagi sejarawan, seperti apa yang kuharapkan nantinya.

Hal yang sama berguna bagi sejarah, saya kira adalah biografi Dr. Thomas Mcnair Scott. Aku meluangkan banyak waktu mewawancarai Tom, dengan maksud membantunya menulis riwayat hidupnya, untuk penerbitan pribadi untuk para teman dan keluarganya. Pria yang menyenangkan dengan rasa ingin tau yang luar biasa itu dan (Saya memelajarinya dari para rekan kerja terdahulunya) sebuah hadiah untuk hasil diagnosa, Tom menjadi ahli penyakit anak-anak awal abad ke duapuluh, ketika ilmu kesehatan anak anak baru saja menjadi sebuah bidang ilmu di Amerika; namun belum menjadi sebuah bidang ilmu di Inggeris. Tom memiliki perjalanan panjang, sebuah karier termasyhur yang mengajar dan mempraktekkannya di Rumah sakit anak-anak di Philadelphia Anak-Anak dan di tempat lain, dan sebuah perkawinan panjang dan bahagia bagi Dwight McNair Scott, yang melakukan riset biomedis (biomedical). Dengan permintaan (dan pertolngan) anak-anaknya Tom menyelesaikan riwayat hidupnya tidak lama sebelum hari ulang tahunnya ke seratus, tidak lama sebelum dia meninggal.

Mengapa anda tunggu, mulailah menulis memoir anda atau minta bantuan kepada teman anda yang sudah berpengalaman!

Medan 23 Maret 2009. Bertepatan dengan Ulang Tahun anakku ke dua Patricia Girsang ke 23. Sumber : Translated from www.patmcnees.com/telling_your_story_29161.htm. Writing Your Memoir Telling Your Family Story Saving Lives, on story at a Time, Pat Mc Nees.

2 komentar:

agus r mengatakan...

ternyata profesi penulis bisa membawa ybs ke pengalaman" yg seru juga ya?

JANNERSON GIRSANG: Menulis Fakta Memberi Makna mengatakan...

Demikian pengalamanku. Semoga bisa menginspirasi.Thanks for your appreciation.