My 500 Words

Kamis, 03 Juli 2014

Dua Capres Gagal Menjaga Ketenangan Kampanye

Oleh: Jannerson Girsang

Balas membalas soal masalah pribadi masih terjadi dalam kampanye Pilpres 2014. Keduanya gagal menjaga ketenangan bangsa selama kampanye. Seharusnya keduanya menjadi pengayom, tetapi justru menjadi sumber keresahan.

Dua Capres yang sedang berlaga memperebutkan kursi Presiden Republik Indonesia belum menunjukkan kepiawiannya menjaga ketenangan rakyat Indonesia menuju Pilpres. Rakyat yang sebelumnya tenang,  layaknya perahu yang aman berlayar di Danau Toba, tiba-tiba diterpa ombak. Penumpangnya mabuk dan hampir kehilangan arah.

Bangsa ini harus banyak belajar. Ke depan, rakyat harus peduli atas perpolitikan di negerinya, pejabat harus tanggap terhadap kasus yang bisa menjadi "bom waktu". Selesaikan persoalan melalui pengadilan, supaya tidak seperti nasib Prabowo, yang diadili di luar pengadilan resmi.

Kubu kedua Capres harus banyak belajar. Kampanye seharusnya mendebat visi dan missi, justru terjebak ke dalam persoalan-persoalan pribadi Capres supaya yang lain "mati" dan yang lain seolah "hidup". Yang satu layak dan yang satu tidak layak. Padahal, dua-duanya sudah diputuskan KPU, layak menjadi Calon Presiden.

Pemimpin, khususnya Presiden harus memiliki wawasan kebangsaan, bukan wawasan sempit soal kepribadian, dan bukan hanya sekedar menang. Capres seharusnya mengajarkan rakyat soal membangun negeri, membangun demokrasi.  Kedua Capres masih setingkat politisi, belum nejadi negarawan. "Seorang politisi berpikir tentang pemilu berikutnya. Seorang negarawan, berfikir generasi berikutnya. (James Freeman Clarke)

Andaikan semua kata-kata, tindakan aneh dari kedua pendukung Capres ini didokumentasikan, maka akan tersimpan jutaan keping video kata-kata yang layaknya diungkapkan "preman-preman" jalanan, atau mereka yang kena narkoba, bukan orang berpendidikan. .

Kata-kata "sinting", "boneka", "PKI", "penculik", "fatwa haram memilih seseorang" dan kelakukan aneh lainnya seperti  'uang bertempel seorang capres". Ada lagi buletin Obor Rakyat mirip koran kuning yang pantas dibaca orang buta huruf. Karena penerbitan sebuah buletin, seharusnya membuat orang melek huruf cerdas, bukan mengundang permusuhan.

Debat di televisipun, acapkali menampilkan kata-kata kotor. Anak SDpun tidak sampai seperti itu berdiskusi. Tadi malam Metro TV menampilkan tiga orang pendukung Capres, tiga-tiganya ngomong serentak. Saling tuding. Padahal titel mereka doktor, anggota DPR, dan tokoh masyarakat. Moderator kerap bingung. Semua mau benar sendiri, berlomba membenarkan diri.

Jangan salahkan penegak hukum. Siapapun polisi, siapapun hakim atau Jaksa, siapapun KPU, atau Bawasu tidak akan mampu menangani begitu banyak pelanggaran.

Kedua kubu Capres mengaku menjadi korban serangan kampanye hitam, dua-duanya menuduh penegak hukum tidak melakukan tugasnya. Sementara keduanya tidak juga memperbaiki penampilannya. Rakyat dibuat bingung.

"Kekerasan tidak bisa dilawan dengan kekerasan," itu kata Mahatma Gandhi, seorang pejuang perdamaian yang berjuangan melawan penjajah tanpa kekerasan di India.

Yang terjadi di negeri ini adalah "kekerasan dilawan dengan kekerasan". Biarkan kekerasan dilakukan orang-orang bejat, dan mereka akan hancur kerena kebejatannya. Dunia tidak pernah menerima kebejatan. Dunia suka perdamaian.

Semoga setelah hasil Pilpres 9 Juli 2014 nanti diumumkan, tidak terjadi konflik yang lebih besar, setelah selama berkali-kali Pilpres kita berada dalam suasana tenang.

Medan, 3 Juli 2014

Tidak ada komentar: