My 500 Words

Jumat, 20 Juni 2014

Lebih Senang Menonton Piala Dunia, Ketimbang Kampanye Pilpres

Oleh: Jannerson Girsang

Sejak putaran Piala Dunia dimulai, perhatian saya kepada kampanye Pilpres Jokowi dan Prabowo drastis menurun. Lebih tertarik menyaksikan kompetisi Piala Dunia yang menampilkan keteladanan bersaing yang lebih berkualitas dari kampanye Pilpres.

Kompetisi yang berkualitas adalah jujur, mencerahkan dan menghibur. Manusia pada umumnya, termasuk saya adalah pencinta kompetisi yang berkualitas.

Saya tidak menyukai orang memanfaatkan isu SARA untuk menggapai kekuasaan, tidak menyukai pelecehan karena status sosial manusia.

Dalam pertandingan sepakbola di Piala Dunia, para penonton, oficial, wasit dan pemain tidak diperkenankan mengucap, melakukan hal-hal yang berbau SARA.

Jika ada yang melakukannya, langsung diganjar hukuman. Siapapun tidak boleh mengatakan kamu Negro, agamamu Islam, Kristen, Budha hanya agar seseorang lebih memiliki hak berkuasa.
Di sana tidak ada yang berani melecehkan Negara Pantai Gading yang miskin, atau memuji-muji negeri Jerman atau Amerika Serikat yang kaya.

Setelah mereka masuk Piala Dunia di Brazil, semua memiliki hak yang sama. Tidak ada lagi protes bahwa mereka tidak layak ikut pertandingan 24 besar Piala Dunia.

Mereka dikawal dengan aturan FIFA yang sangat menghormati martabat manusia.
Tontonan kampanye Pilpres, sungguh berbeda. Meskipun KPU sudah menetapkan Jokowi dan Prabowo lolos menjadi Finalis Pemilihan Presiden RI, rakyat masih banyak mempersoalkan kelayakan calon Presiden RI.

Semua bisa bicara seenak udelnya. Mulai dari tukang becak, hingga ke Capresnya sendiri. Dua-duanya mempertontonkan hal yang tidak enak ditonton. Saling mengejek, saling merendahkan.

Rakyat penyebar fitnah juga kebal hukum. Sudah menyebar kampanye hitam dengan menyebar buletin Obor Rakyat, menghina sesama Capres, tidak ada yang berani menghukum.

Wasit Pilpres penakut, tidak berani menindak para pelanggar aturan yang dibuatnya sendiri.

Apa akibatnya?. Menyaksikan Piala Dunia lebih menarik dari menonton kampanye Pilpres.  

Saya sekarang lebih menyukai menonton Piala Dunia dari Kampanye Pilpres. Saya terhibur dengan gaya permainan pemain sepakbola dari berbagai negara. Saya menyaksikan pemberian penghargaan dan hukuman. Penegakan hukum yang adil dan tepat waktu.

Di sana kutemukan keteladanan kejujuran, bertanding dengan aturan dan penegakan aturan yang ketat. Kita memahami kesalahan dan hukuman yang diberikan.

Jangan salahkan saya lebih senang menonton Piala Dunia, ketimbang kampanye Pilpres.

Saya berharap, kedua Capres memperbaiki kualitas kampanye, wasit kampanye lebih berani menegakkan hukum kampanye, agar saya tertarik lagi mengikutinya.

Jadikan Pilpres sebagai "Demokrasi yang Menggembirakan"

Medan, musim Piala Dunia dan Menuju Pilpres. 20 Juni 2014.

Tidak ada komentar: