My 500 Words

Rabu, 04 Juni 2014

Suarakanlah Suara Anda, Tanpa Menyakiti dan Melecehkan

Oleh: Jannerson Girsang

FB (Facebook)ku adalah ruangan tempatku beristirahat, berbincang, belajar, bukan ngerumpi.

Semua orang bisa baca, semua orang bisa berpendapat untuk konsumsi setiap orang (bukan berlaku untuk sekelompok orang saja, bebas SARA), semua orang bisa menikmatinya sebagai hiburan dan pencerahan.

(Kalau ada yang tidak layak di dengar publik, silakan masuk di inbox)

"Suarakanlah suara Anda sehingga orang lain juga terinspirasi untuk mengeluarkan suaranya, tanpa merasa dihakimi, disakiti apalagi dihina".

Sekarang dalam masa kampanye Pilpres. Silakan pilih Capres yang Anda sukai menurut nurani Anda.

Pendukung kedua Capres bisa masuk di sini, tetapi dengan prinsip: semua pilihan itu emas. Dua-duanya calon itu bagus, karena sudah lolos di KPU, lembaga yang dibentuk dari aspirasi rakyat di masa reformasi dan harus dihormati.

Tetapi kita punya pilihan masing-masing yang sesuai dengan pandangan kita, yang kadang sulit dimengerti pemilih calon lain. Itu sah dan kita berhak. Itulah demokrasi.

Bayangkan, kalau semua sudah pilih Jokowi atau semua pilih Prabowo, maka tidak perlu Pilpres.

Silakan berdiskusi tanpa melecehkan pilihan orang lain. Kita sedang memasuki ujian kedewasaan memilih seseorang pemimpin yang lahir dari kebutuhan kita, tanpa pengaruh orang lain. .

Susah ya. Memang susah untuk menabur kebaikan.

"BERMAINLAH dalam permainan, tetapi jangan main-main. Mainlah dengan sungguh-sungguh, tetapi permainan jangan dipersungguh. Kesungguhan permainan terletak dalam ketidaksungguhannya, sehingga permainan yang dipersungguh tidaklah sungguh lagi.” (N Driyarkara, Kompas 3 Juni 2014)



Medan, 3 Juni 2014

Tidak ada komentar: