My 500 Words

Kamis, 27 Januari 2011

Belajar Bahasa Indonesia

Oleh : Jannerson Girsang

Belajar Bahasa Indonesia, lucu?. Tidak kawan!.

Banyak orang memandang sepele kalau kita bilang belajar Bahasa Indonesia. Padahal bahasa Indonesia harus dipelajari seumur hidup, sama dengan pengetahuan yang lain. Dia berkembang dan mempunyai aturan-aturan yang baku.



Meskipun sudah belajar bahasa Indonesia sejak Sekolah Dasar, saya tidak bisa menghindari kesalahan tata bahasa dan ejaan ketika menulis. Mungkin anda juga pernah mengalaminya bukan?. Saya sering diejek ahli bahasa Indonesia, karena belum menggunakan ejaan dan tata bahasa yang baik. Kritikan itu wajar saja, karena saya bukan ahli bahasa.

Syukurlah ada yang mengingatkan. Memang seorang penulis tidak bisa luput dari kesalahan dua hal penting di atas, tetapi harus terus belajar menulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, agar ide yang terkandung dalam pesan yang disampaikan dimaknai secara benar atau tidak bias.

Pasalnya, Farid Gaban, seorang mantan wartawan Tempo, mengatakan sewaktu menulis seseorang harus memperhatikan tata bahasa dan ejaan, menaati bahasa Indonesia yang baku dan benar.

”Apakah ejaan katanya benar, di mana meletakkan titik, koma dan tanda hubung? Apakah koma ditulis sebelum atau sesudah penutup tanda kutip”,  http://www.pustakanilna.com/intermedia/kolom-“esai-dengan-gaya).

Menggunakan buku-buku kadang kurang praktis. Oleh sebab itu saya menggunakan referensi online dan mengusahakan sedapat mungkin yang sudah standar.

Mari belajar bersama dengan menggunakan referensi online di bawah ini. Karena saya banyak menggunakan referensi dalam bahasa Inggeris, dan sekali-sekali menulis dalam bahasa Inggeris, maka kamus online sangat membantu.

Untuk belajar lebih praktis, saya menggunakan situs-situs di bawah ini:

http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/. Saya menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia online, yang dikenal dengan sebutan KBBI terbit pertama 28 Oktober 1988 saat Pembukaan Kongres V Bahasa Indonesia. Ini merupakan rujukan yang dipercaya baik di kalangan pengguna di dalam maupun di luar negeri. Setiap ada permasalahan tentang kata, KBBI selalu dianggap sebagai jalan keluar penyelesaiannya.

http://www.kamus.net/. Web ini menyebut dirinya the world’s largest and most popular Indonesian dictionary. Web ini menyediakan terjemahan kata-kata dalam bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggeris dan sebaliknya. Saya menggunakannya untuk melihat kata-kata sulit terjemahannya. Di sudut kanan ada pilihan Click on 'English - Indonesia' yang menterjemahkan kata bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Inggeris dan, Click on 'Indonesia - English' menterjemahkan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggeris. Praktis dan tidak usah capek buka-buka kamus.

http://www.editorbahasa.blogspot.com/. Anda bisa belajar menulis bahasa yang benar. Bagaimana menempatkan tanda baca, dan lain-lain. Blog ini menyebut dirinya ” Sekadar teman dalam mencari berbagai jawaban kebahasaan”.

http://www.bahtera.org/kateglo/. Website ini menyajikan Kamus, Glosarium Peribahasa, Singkatan dalam bahasa Indonesia.

http://rubrikbahasa.wordpress.com/. Blog ini adalah koleksi artikel tentang berbagai aspek tenang bahasa Indonesia yang diambil dari berbagai media massa arus utama. Tersedia ratusan artikel yang membahas Bahasa Indonesia.

Untuk anak-anak saya Clara, Patricia, Bernard, Devi, Yani Cristin, Hillary Valeria, Trichia Melani, semoga artikel ini berguna. Semoga kita makin mencintai Bahasa Indonesia, sebagai bahasa persatuan yang kita banggakan .Jangan sepele dengan pelajaran Bahasa Indonesia


Tidak ada komentar: