My 500 Words

Selasa, 02 Desember 2014

Biarlah Orang Lain Yang Mengatakan Anda Baik


Oleh: Jannerson Girsang

“Do you wish people to think well of you? Don't speak well of yourself.” (Blaise Pascal).

Anda ingin orang lain berpendapat baik tentang Anda?. Jangan ngomong bahwa Anda baik! Biarlah orang lain yang mengatakan Anda baik.

Tanpa sadar, kita sering mengatakan, "saya sudah melakukan ini, sudah berbuat itu, sudah membantu ini, membantu itu". Apalagi ditambah: "Mereka, apalah yang mereka lakukan".

Sebenarnya orang lain yang tidak pernah merasakannya geli mendengarnya. Walau menunjukkan seolah dia kagum.

Memang, ada juga yang benar-benar kagum, kalau sifatnya sama, suka membicarakan dirinya.
Tapi sering kali kita tidak sadar!. Orang yang tidak pernah merasakan kisah kita pasti mengatakan: "eh kapan yah, saya rasakan. Bisa aja Lu cerita. Kagak pernah Gue dengar, orang lain cerita tentang Anda".

Ada yang kagum sementara!. Tetapi ketika dia tidak merasakan seperti cerita itu, dia juga lambat laun kecewa. "Oh gininya rupanya, lain dengan cerita aslinya. Saya salah menilai dong selama ini!"

Orang lain akan lebih objektif menilai, dan kita lebih senang mendengar kebaikan seseorang dari orang lain yang merasakan kebaikan itu. Jadi biarlah orang-orang yang mengenal, merasakan kebaikan kita yang bercerita tentang hal-hal baik yang kita lakukan.

Tapi sekali lagi, sering kali kita tidak sadar! Geli juga melihat diri kita yah!

Terima kasih Blaise Pascal, sudah mengingatkan saya pagi ini.

Medan, 26 Nopember 2014

Tidak ada komentar: