My 500 Words

Sabtu, 11 Juli 2015

Revolusi Mental di Kepolisian

Oleh: Jannerson Girsang

Pelayanan umum STNK dan Perpanjangan SIM sudah semakin baik. Mari kita syukuri dan terus mengawalnya, agar semakin hari semakin baik. Terima kasih Kepolisian!.

Setelah mengurus STNK di Sun Plaza, Medan beberapa hari lalu, saya mengurus perpanjangan SIM hari ini di Poltabes Medan, Jalan Adinegoro.

Ngurus STNK tak sampai sepuluh menit. Semua sudah otomatis. Ambil kartu daftar`tunggu, kemudian dipanggil, serahkan KTP dan STNK. Bayar sesuai dengan angka yang tertera di kwitansi yang keluar dari komputer. Tak lebih dan tak ada tips..

Selesai!.

Kita dilayani dengan ramah dan hangat. Wajah yang senyum, tidak seperti dulu, wajah polisi yang seram dan tidak ramah.

Pagi ini saya di Jalan Adinegoro, Poltabes Medan, mengurus perpanjangan SIM.

Selang beberapa menit, saya terus menerus mendengar dari pengeras suara rekaman yang mengingatkan pemilik SIM dan yang mengurus SIM.

"Masyarakat yang mengurus SIM jangan menggunakan calo. Sudah banyak penipuan yang dilakukan para calo. Kami menghimbau agar Anda mengurus SIM sendiri".

Saya masuk ke ruang tunggu foto. Beberapa menit kemudian saya sudah dipanggil.

Jepret! Selesai,

Saya akan mengambilnya hari Senin depan. Bayar, sesuai dengan yang tertera.

Apa yang saya alami adalah perubahan selama sepuluh tahun terakhir di tubuh Kepolisian. Revolusi Mental telah terjadi.

Selamat buat Kepolisian. Semoga Revolusi Mental akan terjadi dalam bidang bidang yang lain, sehingga korupsi dapat kita turunkan. Mari sama-sama mempertahankan PENGURUSAN SIM DAN STNK bebas calo, bebas dari korupsi.

Kuncinya:

"Pelayan yang berdedikasi, jujur, didukung IT yang canggih, serta rakyat yang mau mengikuti prosedur".

Jangan berteriak-teriak hapus korupsi, kalau rakyatnya juga tidak disiplin.

Mari kita apresiasi hal-hal baik yang sudah dilakukan aparatur pemerintah dan teriakkan apa yang belum beres. Jangan hanya menceritakan yang nggak beresnya aja, seolah tidak ada perubahan.

Medan, 11 Juli 2015

Tidak ada komentar: