My 500 Words

Sabtu, 11 Juli 2015

Verba Volan, Scripta Manen

Oleh: Jannerson Girsang

Menulis adalah mengabadikan peristiwa, opini atau ungkapan orang-orang, dan alam sekitar dalam bentuk rangkaian kata-kata bermakna yang tertulis.

Manusia memiliki daya ingat yang terbatas. Ketika orang-orang sudah lupa, dokumen tertulis akan mengingatkan mereka.

Verba volan srcipta manen, demikian pepatah Romawi, yang artinya kira-kira" yang terucap lenyap dan yang tertulis tetap.

Apalagi kini, kita berada di abad internet. Tulisan bisa disimpan di berbagai media sosial, dan website.

Saya sendiri sadar menulis juga mengabadikan diri saya sendiri, mengenalkan diri ke dunia luar.

Selain mendapat sedikit uang, saya mendapat banyak sekali teman, keluarga baru karena menulis.

Setiap buku biografi yang saya tulis akan menambah ratusan keluarga baru, setiap menulis opini di media, saya dikenang ribuan orang yang membacanya.

Semoga mereka menikmati sesuatu hal baru yang saya dengar, lihat dan saya beri makna, sehingga mampu menginspirasi mereka, membuat pikiran lebih jernih.

Itulah upah terbesar seorang penulis!

Seorang penulis akan abadi, dan dikenang karena kekuatan peristiwa, opini atau ungkapan orang, serta daya tarik alam yang ditulisnya dan memberi manfaat, pembelajaran bagi orang lain.

Kalau saya tidak menulis, maka setengah teman saya sudah melupakan saya.

Saya merasa beruntunglah karena diberi sedikut kemampuan menulis!.

Saya percaya, "Menulislah maka kamu akan abadi," seperti dikatakan Pramoedya Ananta Toer.

Itu sebabnya, saya terus menulis, memberi makna sebuah peristiwa! Membuat teman-teman selalu ingat padaku.

Menulis juga membuat pikiranku jernih. Itu sebabnya, setiap pagi sebelum kemana-mana saya tetap menulis.

Jangan bosan yah membaca tulisanku! Meski belum sehebat para penulis beken, tetapi saya akan terus menulis.

Jangan lupa kunjungi blog saya. Kumpulan sekitar 500-an artikel sejak 2009, baik itu berupa renungan, opini, profil orang-orang, baik sudah diterbitkan di media maupun yang hanya terbit di FB ini.

Semoga bermanfaat!

Medan, 19 Juni 2015

Tidak ada komentar: