My 500 Words

Rabu, 04 Juni 2014

Deklarasi Damai Capres Cawapres

Oleh: Jannerson Girsang

Bangsa religius dan mencitai damai. Itulah hakekat menjadi bangsa Indonesia. Setiap memulai sesuatu, bangsa Indonesia selalu melakukan doa bersama yang memohon kedamaian.

Sayangnya, berdoa tiap saat, tetapi masih juga suka melancarkan "kampanye gelap", fitnah, sesudah berdoa, inti doanya, "damai" dilupakan!

Fakta sebelum Deklarasi, di hati masing-masing Capres/Cawapres tersimpan tekad hanya supaya "menang", tidak perduli menempuh cara yang halal atau tidak halal . Tidak heran kalau pikiran, ucapan dan tindakannyapun tidak jauh dari sana.

Sampai-sampai Presiden SBY memperingatkan agar kampanye Pilpres jangan menjadi lautan fitnah. "Selamatkan negara dari Lautan Fitnah". Sebuah ironi di tengah bangsa yang religius dan cinta damai.

Tidak salah orang memiliki motivasi untuk menang, tetapi harus tetap menjaga proses berlangsungnya kampanye yang jujur dan menciptakan suasana damai, supaya hasilnya baik untuk semua.

Garbage in, garbage out. Kalau doa merasuk dalam hati keluarnya adalah damai, Kalau motivasi harus "menang" dan yang masuk niat  "hanya saya yang berhak", dan tercemar dengan kebencian, permusuhan, keluarnya adalah fitnah, kampanye gelap.


Harapan kita Deklarasi Damai tadi malam bisa mengisi hati para Capres/Cawapres dengan damai, sehingga kampanye Pilpres sesudah Deklarasi adalah benar-benar merupakan persaingan atau perebutan kursi nomor 1 di Republik ini, bukan sebuah "perang". .

Para Capres/Cawapres hendaknya memberikan keteladanan berfikir, berbicara, bertindak dan mengambil keputusan seperti karakter yang diharapkan dalam doa-doa dalam deklarasi itu, dimana muara seluruhnya adalah damai.

Rakyat seluruhnya berharap, di hati para Capres/Cawapres adalah damai,  pikiran, ucapan, dan keputusan-keputusannyapun  membawa pencerahan, hiburan dan  susana damai.

Semoga Deklarasi tadi malam mengubah mindset para petarung dalam Pilpres. Semua Capres/Cawapres, para tim sukses dan relawan mengisi hatinya dengan tekad damai, sehingga kita yang mengikutinya tertular dengan kedamaian.

Jokowi dan Prabowo harus membuktikan bahwa mereka adalah pemimpin yang religius dan membawa damai, menginstruksikan dan mengawasi seluruh pendukungnya menjadi teladan dan cerminanan bosnya: Jokowi atau Prabowo.

Suasana kampanye akan diwarnai dua Capres. Karakter mereka akan menentukan. Kalau mereka berdua benar-benar religius dan cinta damai, maka damailah kampanye, damailah kita lima tahun ke depan. 

Tujuan pelaksanaan Pilpres benar-benar memilih pemimpin yang  kelak mampu membawa kedamaian dan kemakmuran bagi bangsa ini.

Semoga!

Medan, 4 Juni 2014

Tidak ada komentar: