My 500 Words

Jumat, 27 Juni 2014

Kita Sedang Ditonton Dunia


Oleh: Jannerson Girsang


Kita semua bersaudara. Kita bersaing sehat menuju kebaikan bersama. Jadi, nggak usah terlalu ngototlah dengan pendapat atau pendirian kita, apalagi sampai saling membenci.

Semua sikap, pendapat akan teruji oleh waktu. Semua hasil akan ditentukan 9 Juli 2014.

Hari-hari ke depan kita dalam proses menuju penentuan pemenang. Sikap kita adalah: pemenang di mata rakyat (pengumpul suara terbanyak), kita harus menghormatinya, apapun resikonya.

Semua harus sadar, proses demokrasi kita sedang ditonton, bukan hanya masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat dunia. Sikap kita, cara-cara berkampanye kita, diamati dengan didukung kemajuan teknologi dan jejaring sosial dunia.

Seluruh dunia dengan mudah mengetahui kebaikan dan kejahatan yang terjadi di seluruh titik di permukaan bumi. Kampanye hitam sangat dibenci dunia, karena merupakan pembunuhan karakter yang luar biasa, dan luka yang ditimbulkannya akan membekas dari generasi ke generasi.

Ingat, dunia sangat membenci kejahatan dan gemar mencari jalan menuju kebaikan. Dunia internasional, termasuk media-media asing, mencermati secara serius bagaimana perkembangan politik Indonesia. Mereka membutuhkan informasi perubahan, kehidupan yang lebih baik, dan cara menuju ke sana.

Yang terbaik memberikan solusi di mata rakyat akan menang. Mereka yang menjanjikan kebaikan, melaksanakan kebaikan yang lebih banyak di mata rakyat akan disenangi dan dipilih. Tindakan-tindakan mereka menginspirasi orang lain berbuat lebih baik, bukan menambah ketakutan atau kekhawatiran.

"Terbaik", bukan hanya definisi baik untuk sekelompok orang, tetapi terbaik bagi Indonesia, terbaik di mata dunia. Proses menghasilkan tindakan yang terbaik, memberikan pembelajaran bagi semua.

Kita sedang menjalani proses demokrasi di negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, setelah India dan Amerika Serikat. Masuk akal, jika pengamat dari dalam negeri dan seluruh dunia sangat tertarik mengamati proses ini.

Oleh sebab itu tunjukkanlah yang terbaik, proses yang menjadi pembelajaran tidak hanya menarik bagi rakyat di negeri ini, tetapi juga masyarakat dunia.

Kita berdoa dan terus belajar, bekerja, berharap, presiden RI mendatang mampu membawa kita ke arah yang lebih baik.

Mari bersyukur karena kita mengalami proses demokrasi yang masih dalam batas-batas yang wajar, jauh dari ketakutan dan kekhawatian, bahkan tidak sempat mengalami gangguan adu fisik yang berarti.

Kita baru belajar demokrasi, dan mari merasakan indahnya demokrasi dan memperbaiki prosesnya hari demi hari!


Medan, 26 Juni 2014 

Tidak ada komentar: