My 500 Words

Rabu, 20 Agustus 2014

Perpustakaan Gereja: Mendorong Minat Baca dan Suka Menuturkan yang Benar

Oleh: Jannerson Girsang

Hari ini (25 Juli 2014 )GKPS Simalingkar menerima visitasi tiga orang Tim Survey Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Baperasda), Pemprovsu  untuk Lomba Perpustakaan Rumah Ibadah se-Sumatera Utara 2014, di ruang Perpustakaan, GKPS Simalingkar.

Sebuah kegiatan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah, Pemprovsu dalam rangka memacu gereja turut memasyarakatkan minat baca jemaat, serta mendorong minat jemaat atau gereja dalam mengembangkan perpustakaan.

Semoga pekerjaan kecil ini memberi manfaat. Kami hanya orang kecil yang hanya bisa berbuat kecil. Memang tak terlihat dampaknya secara jangka pendek, tetapi kami berharap dengan mengenal perpustakaan sejak dini, maka anak-anak, remaja dan pemuda gereja diharapkan memiliki budaya baca, yang lebih baik dari orang tuanya.

Jemaat Simalingkar bersyukur karena kini sudah memiliki gedung perpustakaan khusus, dan memiliki pengurusnya yang selalu setia mengurusi perpustakaan dan memonitor perkembangannya. Demikian juga Pengurus Pemeliharaan dan Pengembangan Gereja yang telah membangun fasilitas bagi kenyamanan penyimpanan buku dan ruang baca.

Pepustakaan ini beridiri 10 April 2010, dan kini memiliki sekitar 2500 koleksi buku-buku rohani dan bacaan umum. dan anak-anak. 1000 eksemplar diantaranya adalah bantuan Pemprovsu pada 2010. Selain itu Perpustakaan ini juga menerima bantuan dari Lembaga Alkitab Indonesia, perseorangan, baik jemaat GKPS maupun di luar GKPS Simalingkar.

2012, Perpustakaan ini memperoleh kehormatan menjadi Juara II Perpustakaan Gereja se-Sumatera Utara. Semoga dengan pengembangan yang sudah dilaksanakan selama dua tahun ini mendapat penghargaan yang lebih baik.

Dua wanita yang dibantu seorang tenaga tidak tetap mengurus perpustakaan ini dengan tanpa pamrih, pantas diberikan acungan jempol. Mereka adalah Prof Dr Erika Saragih, Hilderia Saragih, Ny Samjus Damanik, serta para pengurus lainnya yang tak dapat disebut satu per satu.

Selain melakukan perawatan, mereka juga melaksanakan kegiatan lomba pidato, menulis cerita dan kegiatan lain yang berkaitan dengan meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak dan Remaja. Mudah-mudahan Pengurus Perpustakaan terus secara kreatif melakukan kegiatan meningkatkan minat baca bagi seluruh jemaat.

Kondisi minat baca bangsa ini yang sangat rendah dibanding bangsa-bangsa lain, memerlukan perhatian dari semua pihak, gereja pada khususnya. Jangan biarkan jemaat hanya terbiasa mendengar sesuatu dengan pendengaran, mereka harus membaca buku, membaca hal-hal yang sudah teruji kebenarannya, sehingga mereka mampu dan terbiasa berkata benar dan mempercayai yang benar. Mereka suka menuturkan cerita yang benar. 

Semoga dengan terus dikembangkannya Perpustakaan Gereja, jemaat semakin pintar, tidak percaya kabar burung, dan dalam kehidupannya mampu mencerminkan sikap-sikap yang benar: sopan, mencintai kebenaran, tidak suka bertengkar atau menyebabkan orang lain bertengkar karena kabar yang tidak benar.


.


Prof Dr Erika Saragih dan  Hilderia Saragih adalah dua wanita yang tak kenal lelah mengembangkan perpustakaan ini.Prof Dr Erika Saragih dan Hilderia Saragih adalah dua wanita yang tak kenal lelah mengembangkan perpustakaan ini.
Perpustakaan Gereja GKPS Simalingkar meraih penghargaan Juara II Peprustakaan Gereja Terbaik di Sumatera Utara, 2012.Perpustakaan Gereja GKPS Simalingkar meraih penghargaan Juara II Peprustakaan Gereja Terbaik di Sumatera Utara, 2012.
Gedung Perpustakaan GKPS Simalingkar yang baru dan diresmikan 15 Juni 2014.Gedung Perpustakaan GKPS Simalingkar yang baru dan diresmikan 15 Juni 2014.

Tidak ada komentar: