My 500 Words

Selasa, 02 September 2014

Retreat KPPD LAI Perwakilan Medan


"Datang dengan Kelelahan, Pulang dengan Semangat Baru"

Oleh: Jannerson Girsang

Sebanyak 40 orang keluarga besar KPPD LAI Sumut melaksanakan retreat di Hotel Ambaroba Tuktuk Siadong, Samosir, Sumatera Utara, 30-31 Agustus 2014.

Acara malam retreat diisi dengan kebaktian yang dipimpin Pdt Marisi Uli Panjaitan (Methodis), ceramah dari Sigit Triyono, Managing Director "Sukses Holistik Indonesia" Consulting.

Hari Minggu besoknya acara dilanjutkan dengan Kebaktian Minggu yang dipimpin oleh Pdt Luther Lase (Ketua KPPD LAI), serta Rapat Program KPPD LAI 2014.

Dalam ceramahnya yang berjudul "Meningkatkan Pelayanan Mitra LAI", Sigit Tryono, menjelaskan faktor-faktor yang dapat menyebabkan menurunnya motivasi pelayanan. Dia juga mengingatkan agar KPPD LAI fokus kepada Visi dan Missi LAI, serta mensosialisasikan budaya LAI: Melayani, Inovasi, Terpercaya dan Kerja Sama".

Sigit yang sangat piawi mengajar itu, dalam sebuah kesempatan yang tidak dijadwalkan, mengajarkan Kiat Sosialisasi: 'Sate Super'

"Saya Teringat Suatu Peristiwa". Menurutnya, sosialisasi harus memperhatikan konten yang berisi kisah yang menggugah emosi, sehinga pendengar tertarik dan memahami pesan yang disampaikan.

"Jangan melakukan sosialisasi hanya dengan membaca atau menyampaikan sesuatu tanpa menggugah emosi," katanya. "Mulailah dengan pembukaan: Saya Teringat Sebuah Peristiwa......" tambahnya.

Ketua KPPD Perwakilan Medan, Pdt Luther Lase memaparkan berbagai program KPPD 2014 dan meminta seluruh pengurus dan mitra bekerja bersama-sama mewujudkan cita-cita LAI.

KKPD (Kelompok Kerja Penggalangan Dukungan) LAI (Lembaga Alkitab Indonesia) adalah Mitra LAI dari berbagai denominasi gereja yang secara sukarela mendukung LAI di daerah/wilayah tertentu.

Dalam melaksanakan tugasnya LAI KPPD membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, para hamba Tuhan, jemaat, pemerintah dan masyarakat, baik doa, daya/tenaga dan dana dalam mewujudkan Firman Allah hadir untuk semua orang.

VIsi LAI adalah "Firman Allah Hadir bagi semua orang dalam bahasa yang berterima agar mereka dapat bertemu dan berinteraksi dengan Allah, dan mengalami hidup baru".

Acara ini juga diikuti Ketua LAI Perwakilan Sumatera Eurelin Sembiring, SE beserta seluruh staf LAI Medan.

Dalam perjalanan pulang pergi Medan-Samosir, rombongan juga mengunjungi beberapa obyek wisata di sekitar Prapat dan Samosir, seperti Batu Gantung, Makam Raja Sidabutar di Tomok. Tentu, juga berbelanja oleh-oleh dari Samosir.

Sebuah suasana alam yang tak terlupakan adalah makan siang di bawah pohon sawit Perkebunan Marihat.

Pematangsiantar adalah kota yang sejuk dan bersih, serta menyenangkan untuk istirahat dan belanja. Rombongan juga menyempatkan diri belanja oleh-oleh dari Toko Roti Ganda, kerupuk empuk dari penjual di sekitar toko roti terkenal di kota itu.

Sebagian, sambil menunggu yang lain berbelanja, menikmati istirahat di Taman Bunga Pematang Siantar, dengan menikmati makanan dan minuman yang tersedia di sana.

"Datang dengan kelelahan, pulang dengan semangat baru," kata Sigit Tryono menyemangati para peserta Retreat KKPD LAI Perwakilan Medan.

Semoga!

Tidak ada komentar: