My 500 Words

Sabtu, 01 Agustus 2015

Rapat Evaluasi

Oleh: Jannerson Girsang

Baru pulang rapat evaluasi Semester I GKPS Simalingkar.

Semoga apa yang sudah dikerjakan menjadi suka cita bagi semua, tidak bersungut-sungut, dan yang belum dikerjakan menjadikan berkat baru di semester II.

Evaluasi (Evaluation) adalah proses penilaian. Dalam perusahaan, evaluasi dapat diartikan sebagai proses pengukuran akan evektivitas strategi yang digunakan dalam upaya mencapai tujuan perusahaan. Data yang diperoleh dari hasil pengukuran tersebut akan digunakan sebagai analisis situasi program berikutnya.

Jadi, evaluasi berjalan dengan baik kalau perencanaanya dan sistem monitoringnya baik.

Memimpin evaluasi di gereja memang sedikit rumit. Indikator keberhasilannya tidak mudah, pemahaman dan harapan yang beragam.

Selain itu, semua orang bekerja dengan sukarela. Karakter servant leader (pemimpin yang melayani) dibutuhkan menggerakkan orang-orang bekerja.

Jadi tidak bisa disamakan dengan manajemen perusahaan. Manajemennya sedikit unik! Kepemimpinan yang melayani.

Evaluasi, mudah mengatakannya dengan teori, tetapi dalam prakteknya di gereja, memerlukan kesabaran, kasih, dan dengan keyakinan penuh bahwa Tuhan senantiasa menyempurnakan yang kurang.

Kalau ngotot seperti evaluasi di perusahaan, maka seseorang bisa stress. Karena memang perencanaannya juga masih belum sempurna. Ngotot dengan keinginan dan kepentingan pribadi, bisa membuat Anda stroke!

Mari menyambut hal yang sudah baik dengan suka cita, dan yang belum sempurna secara bersama-sama mari kita sempurnakan, tanpa saling menyalahkan satu dengan yang lain, serta berdoa Tuhan senantiasa membantu dan membimbing.

Belajarlah mengapresiasi yang sudah berhasil dikerjakan, kurangi kegiatan mencari-cari kesalahan. Hematlah kata-kata yang melemahkan semangat, perbanyak kata-kata yang menginspirasi sesama.

Marilah kita semua dengan rendah hati mengakui kekurangan, dan komit untuk senantiasa memperbaikinya. Tidak perlu ngotot-ngototan!

Selamat buat GKPS Simalingkar yang sudah melaksanakan evaluasi, meski agak lama, tetapi semoga semuanya pulang dengan suka cita.

Terima kasih buat Pimpinan Majelis yang baru dilantik Februari 2015 lalu yang berhasil dengan baik memimpin rapat evaluasi pertama dalam periode ini.

Mengelola jemaat tidak mudah dan tidak bisa mengandalkan kekuatan sendiri. Diperlukan KESABARAN, KERENDAHAN HATI, serta KEYAKINAN AKAN PERTOLONGAN DAN BIMBINGAN TUHAN.

Semoga rapat evaluasi yang pertama ini menjadi permulaan yang baik, meski di sana sini tentu ada yang kurang, dan berdoa semakin baik lagi ke depan.

Tuhan memberkati semua Pimpinan Majelis kami. Japorman Saragih Simarmata, Arman Prb, JE Purba, Jarulitoguhman Saragih.

Medan, 26 Juli 2015

Tidak ada komentar: