My 500 Words

Selasa, 04 Maret 2014

Dewan Kesenian Jakarta Juga Sempat Melakukan Plagiat!

Oleh: Jannerson Girsang

Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) pernah menjiplak artikel saya berjudul Melongok Upacara Ritual Acara Pemakaman. http://harangan-sitora.blogspot.com/2009/06/melongok-upacara-ritual-acara-pemakaman.html#moreini bulat-bulat (100%), tanpa menyebut sumbernya.

DKJ melakukan pementasan dengan narasi menggunakan artikel ini. http://www.dkj.or.id/event/pertunjukan/maestro-maestro. Saya menemukannya sekitar Desember 2010.

Perbuatan tidak terpuji itu ketahuan setelah seorang teman http://simalungunonline.com/tarian-huda-huda.html, mengutip dari website institusi kesenian paling dihormati di Indonesia itu.

Setelah saya cek ternyata juga dimuat di website lembaga kesenian terhormat itu, awalnya, tanpa menyebut sumbernya..

Padahal, lembaga ini cukup terpandang, tetapi tidak luput dari kesalahan.

Yang saya puji dari lembaga ini adalah kemauan minta maaf. Saya mengirim surat protes, Lembaga itu, melalui humasnya, dengan e-mail meminta maaf dan kembali mencantumkan sumbernya.

Sejak itu, artikel Toping-toping dan Huda-huda dari Simalungun di website DKJ,  http://www.dkj.or.id/event/pertunjukan/maestro-maestro, menyebut sumbernya dari blog saya. http://harangan-sitora.blogspot.com.

Bagi saya seorang penulis, itu sudah cukup!. Saya tidak perlu menuntut nilai uang yang mereka peroleh dengan artikel itu. Biarlah hasilnya digunakan untuk pengembangan kesenian bangsa ini.


Semoga tidak ada lembaga pendidikan lagi yang melakukan hal yang sama.

Artikel itu saya tulis berdasarkan pengamatan lapangan di sebuah acara pesta kira-kira 100 kilometer dari Medan. Bukan asal jiplak. Saya meluangkan waktu, tenaga dan bahkan mengorbankan uang.

Kasihanilah penulis-penulis, yang walau belum terkenal, tetapi idenya tidak kalah kok. Biarlah masing-masing unggul dalam keunggulan masing-masing. Jangan unggul di atas penderitaan orang lain.

Selamat berkarya bagi rekan-rekan penulis. Kadang kita kesal melihat mereka yang menamakan dirinya "penulis terkenal" tetapi tidak menghargai ide para penulis daerah yang belum tentu kualitasnya tidak bagus.

Para penulis dimanapun juga manusia kok, tidak beda dengan penulis di daerah. Malah kesan saya banyak yang tidak jujur. Termasuk para professor ketahuan di The Jakarta Post (2010) dan Kompas (2014).


Tidak ada komentar: