My 500 Words

Kamis, 18 Juni 2015

Nias-Bangkit.com Tutup Sejak 12 Juni 2015

Oleh: Jannerson Girsang

NBC Tutup!. Malam ini saya membaca artikel Reny (Ketjel Zagoto) dan samar-samar sepertinya NBC Tutup.

Lalu, setelah konfirmasi Apolonius Lase, salah seorang manajemen mediaonline terkemuka di Nias itu, ternyata benar.

Saya ,mengunjungi website NBC. Sebuah artikel yang kubaca malam ini membuatku sedih. Surat kepada pembaca NBC. .

"Sebuah keputusan telah kami ambil. NBC akan berhenti menjalankan aktivitas peliputan berita terhitung pengumuman ini kami tayangkan," demikain isi surat itu yang lengkapnya ada di bawah ini.
Sejak

Di awal penerbitan mediaonline yang mulai tayang 5 Oktober 2010 ini, Tony Jans (Managing Director NBC) meminta saya untuk turut membantu mendidik para wartawan baru di sana selama tiga bulan.

Sedih!

Saya teringat teman-teman: Onlyhu Ndraha, Ni Mend, Iman Lase, Jonifati Gulo, Ketjel Zagoto, (Reni), Anoverlis Hulu Irwanto Hulu dan teman-temanku yang lain yang tak dapat kusebut satu persatu.

Kenangan indah di Bawomataluo, perjalanan ke Sirombu, Sorake, dan berbagai tempat di Nias Utara, membuatku sedih. Kenangan itu tidak akan pernah kulupakan. Terlalu indah dilupakan, terlalu sedih untuk dikenang.

NBC tinggal kenangan. "Sudah diputuskan Pak, kemaren ditutup,"ujar Apolonius Lase, salah satu jajaran manajemen NBC di Jakarta malam ini.

Ano salah seorang wartawannya beberapa hari yang lalu mengatakan pindah ke RRI Gunung Sitoli. Bagaimana dengan teman-teman saya yang lain? .

Berikut lengkapnya surat Perpisahan itu!

Pembaca NBC yang budiman.

Sebuah keputusan telah kami ambil. NBC akan berhenti menjalankan aktivitas peliputan berita terhitung pengumuman ini kami tayangkan.

Tentu Anda semua terkejut dengan kabar ini. Namun, bagaimanapun itulah keputusan yang telah kami ambil setelah mempertimbangan berbagai hal. Untuk selanjutnya, artikel dan berita yang pernah ditayangkan, demikian pula dengan foto dan video, masih akan dapat diakses pembaca. Namun, tidak akan ada lagi naskah dan artikel baru.

NBC hadir terhitung 5 Oktober 2010. Kehadirannya berbarengan dengan pemilihan kepala-kepala daerah di lima wilayah Nias. Selanjutnya berita-berita dan artikel yang hadir terkait dengan apa saja yang terjadi di kelima daerah otonomi baru tersebut.

Kami bertiga: Tony Fransiscus Jans, Donny Iswandono, dan Apolonius Lase, sebagai pendiri NBC, yakin apa yang kami lakukan sedikit banyak telah berkontribusi bagi perkembangan masyarakat Nias.

Gaya jurnalisme yang kami usung melalui NBC mendapat simpati berbagai kalangan. Tentu kami mensyukuri atas sambutan itu, meskipun segelintir orang menyatakan juga tidak suka. Kami menghormati mereka yang berpandangan beda itu.

Kami bukanlah sebuah lembaga berorientasi bisnis. Apa yang telah kami lakukan semata-mata adalah sumbangsih kami kepada Nias yang tengah mencoba bangkit.

Demikian kabar atas keputusan kami untuk menghentikan aktivitas jurnalistik NBC. Selanjutnya kami yakin putra-putri Nias bakal mampu mengisi kekosongan ruang yang telah kami tinggalkan.
Selamat berpisah kami ucapkan. Terima kasih atas segala apresiasi dan kerja sama yang terjalin selama ini. Tak ada gading yang tak retak. Jika ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan.

Salam Perpisahan.

Bekasi, 12-6-2015.

Tidak ada komentar: