My 500 Words

Kamis, 18 Juni 2015

Orang Tua adalah Guru, Pendidik Bagi Anak-anak

Oleh: Jannerson Girsang

Orang tua adalah pewaris kebaikan bagi anak-anaknya, dan anak-anak adalah penerus keturunan.yang lebih baik.

Orang tua adalah seorang pendidik, mereka bukan hanya pencari nafkah fisik, bukan hanya pemberi "uang". Jangan puas hanya mampu memberi kebutuhan fisik, kebutuhan rohani-teladan kasih, kebaikan, jauh lebih penting!.

"Let us not be satisfied with just giving money. Money is not enough, money can be got, but they need your hearts to love them" (Mother Theresia).

Bersyukurlah kita ada orang yang masih rela menjadi orangtua tua, pasangan suami istri. Jika tidak, maka dunia ini hanya tinggal satu generasi lagi.

Orang tua, ayah dan ibu adalah seorang pendidik. Seorang pendidik ibarat seorang penabur, yang setiap hari menaburkan rupa-rupa benih : benih kepribadian, benih kedisiplinan, benih perilaku, benih iman, benih ilmu, benih pengharapan, benih pelayanan, benih kejujuran, benih keuletan, benih kemandirian, benih moral, benih kasih, dan hal positif lainnya, supaya keturunannya menerimanya, dapat belajar darinya dan mengalami pertumbuhan.

Orang tua bukan pendidik otoriter: hanya mengatakan: "kerjakan apa yang saya perintahkan, tetapi tidak berani mengatakan kerjakan apa yang saya lakukan, kembangkan dengan kebenaran yang sudah kamu pelajari!".

JANGAN DIPIKIR MUDAH MENJADI ORANG TUA!.

Tidak ada orang tua yang mampu mendidik anak dengan sempurna, tanpa mengalami pergulatan: gagal berkali-kali, mengakui kegagalan dan sharing dengan anak-anak.

Tidak ada kata tamat mendidik anak. Semua dalam proses belajar dan belajar hingga akhir khayat.
Tugas orang tua sebagai pendidik adalah berlaku baik, menabur kebaikan, berserah dan berdoa, setiap hari, setiap saat!.

Optimisme seorang orang tua tentunya didasari sikap yang realistis. Mereka harus belajar realita.
Tidak semua benih yang kita tabur sebagai pendidik dapat bertumbuh dengan subur, karena pastinya ada benih yang jatuh di pinggir jalan, jatuh di tanah berbatuan, dan juga jatuh di antara semak duri, sehingga akan menghambat pertumbuhan dari benih-benih tersebut.

Kita harus sadar, bahwa setiap anak memiliki daya tangkap yang berbeda dan memiliki cara yang berbeda mendidiknya. Ada yang harus mendapat perlakuan ekstra. Ibarat menaburkan benih di tanah yang subur atau mempersiapkan lahan yang kondusif terlebih dahulu.

Menabur benih pun memerlukan banyak tindak lanjutnya. Tanahnya digemburkan supaya menjadi subur, setiap hari tanaman disiram dengan air, rumput liar disekitarnya dicabut, hama pengganggu disingkirkan, dan secara periodik diberi pupuk.

Demikian halnya bagi orang tua!. Semua itu perlu dilakukan dengan teliti, tekun, terus-menerus, serta dituangan penuh kesabaran dan ketabahan.

Kita bersyukur menjadi orang tua, tetapi jangan lupa: tugasnya adalah pewaris keturunan dan kebaikan.

Dunia harus bersyukur masih ada orang tua. Keturunan yang baik bagi dunia ini terletak di tangan orang tua!

Medan, 16 Juni 2015

Tidak ada komentar: