My 500 Words

Sabtu, 11 Juli 2015

Jangan Pikirkan Hal di Luar Kontrol atau Kuasa Kita

Oleh: Jannerson Girsang

Sesuatu keadaan di luar kontrol, kita hanya bisa pasrah, berdoa dan mengikuti aturan yang sudah berlaku. Menjalani kehidupan, kita harus belajar hal-hal yang berada di luar kontrol kita, hal-hal yang tak perlu masuk dalam pikiran, apalagi harus khawatir dan masuk dalam perencanaan kegiatan kita.

Saya tidak perlu mengatur kapan bisa tiba tepat saat lampu hijau di persimpangan jalan, karena saya tidak bisa mengatur kapan lampu itu hijau atau merah.

Kalau kebetulan merah saya berhenti, meski sedikit kesal karena menunggu, kalau hijau saya lega karena berarti mempercepat saya sampai di tujuan.

Malam ini, pulang dari kantor saya melintasi beberapa lampu merah, perempatan A Yani dengan, perempatan Imam Bonjol-Kp Keling, Lampu Merah depan Perguruan Immanuel, Lampu Merah Sudirman-Cik Di Tiro, Lampu Merah S Parman-Jamin Ginting, Medan.

Kebetulan di semua tempat itu, saya tiba tepat pada waktu lampu hijau. Saya lega, bisa jalan terus.

Peristiwa seperti itu hampir tak pernah terjadi selama puluhan tahun saya melintasi rute tersebut. Paling untung, kalau saya bisa "persis" hijau di satu atau dua lampu perempatan jalan. .

Saat lain, saya bisa tiba pada lampu perempatan jalan kebetulan merah. Saya harus berhenti dan mengikuti aturan, menunggu sampai lampu itu menyala hijau kembali.

Saya juga tidak perlu mengatur langkah saya agar tepat berhenti di lampu persimpangan jalan persis menyala hijau. Pekerjaan sia-sia, karena menyalanya lampu bukan dalam kontrol saya.

Demikianlah perjalanan hidup kita ini, Banyak hal yang berada di luar kontrol. Dimana kita harus pasrah dan berdoa.

Tidak perlu khawatir, atau melawan aturan alam atau Tuhan yang sudah berlaku.

Kalau naik pesawat, kita hanya bisa pasrah, berdoa, mengikuti keahlian pilot dan perintah-perintahnya mengendalikan pesawat dalam keadaan cuaca baik dan buruk.

Keadaan anak-anak yang jauh, kita tidak bisa berbuat selain menyerahkannya kepada teman terdekat/keluarga, dan berdoa saja!.

Di luar itu kita tidak bisa berbuat apa-apa. Jangan berfikir lebih jauh dari sana, kalau tidak mau kita bertindak sia-sia, apalagi sampai menimbulkan rasa khawatir, tidur tidak tenang dan menyakiti badan.

Kematian, musibah, dan banyak hal yang lain berada di luar kontrol kita. Jangan habiskan waktu untuk memikirkannya.

Tak perlu dipikirkan gimana nanti kalau tiba di lampu persimpangan jalan kebetulan merah?. Gimana nanti kalau pesawat jatuh?. Gimana nanti kalau anak saya sakit? Gimana nanti kalau saya tidak punya anak?

Kita hanya bisa pasrah dan berdoa. Itu saja!

29 Juni 2015

Tidak ada komentar: