My 500 Words

Sabtu, 11 Juli 2015

Memberi Lebih Berbahagia dari Menerima

Oleh: Jannerson Girsang

Apa yang kita dapat dengan memberi? Memberi adalah mengajarkan ketulusan. Menyaksikan kebahagiaan!.

Malam ini saya sekilas membaca Buku Skill People (2001), tulisan Les Giblin. Saya berhenti sejenak pada sebuah bab "Memahami Orang dan Kodrat Manusia".

Sebuah kutipan menarik perhatian saya. "Orang lain sepuluh ribu kali lebih tertarik pada dirinya dari pada tertarik pada Anda. Sebaliknya, Anda lebih tertarik pada diri Anda dari pada kepada orang lain manapun di dunia ini".

Selanjutnya dikatakan:

"Ingatlah, bahwa tindakan manusia diatur oleh pikirannya sendiri, kepentingan dirinya--sifat ini sangat kuat dalam diri manusia. Pikiran yang menonjol dalam kasih sayang adalah kepuasan dan kenikmatan diperoleh si pemberi dengan memberi, Bukan orang yang menerima!"

Mungkin itulah sebabnya mengapa sampai Kitab Suci mengingatkan kita. "Memberi lebih berbahagia dari menerima".

"Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima" (Kisah Rasul 20:35).

Memberi, tidak seperti definisi yang biasa di mengerti, harus menyumbang besar-besar. Memberi adalah melakukan sesuatu yang positif bagi orang lain. Memberi dengan hati, sekecil apapun itu, akan membahagiakan si pemberi.

Prof. David McClelland (seorang peneliti dari Harvard University, AS) menambahkan: “Melakukan sesuatu yang positif terhadap orang lain akan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sebaliknya orang kikir cenderung terserang penyakit. Mengapa demikian, karena orang kikir biasanya cinta uang, bila uangnya sedikit berkurang maka dia akan stres dan tubuhnya akan mengeluarkan hormon kortisol yang akan mengurangi kekebalan tubuh. Memberi dapat memperpanjang umur.”

Sebuah kisah orang kaya yang menyumbangkan hamoir seluruh kekayaannya untuk menolong orang papa adalah Rockefeller.

Rockeffeler adalah orang kaya yang tidak bahagia dan sulit tidur. Dokter memvonis hidupnya tidak akan lama.

Lalu Rockeffeler memutuskan mengubah hidupnya, orang pengumpul uang, mengalihkan hartanya menolong kaum papa dan orang miskin..

Apa yang terjadi ?.. kesehatannya membaik dan berlawanan dengan perkiraan dokter, ia hidup sampai umur 98 tahun, sebagai ahli filantropi dan darmawan yang terkenal.

Memberi mendatangkan kebahagiaan yang luar biasa, ketika kita mengulurkan tangan untuk menolong sesama dan berbagi dengan kehidupan mereka maka kita akan merasakan kebahagiaan yang mendalam, hidup jauh lebih berarti karena memberi.

Setiap orang yang suka memberi tidak pernah berkekurangan. .dia akan membaikkan orang lain, dirinya sendiri dan menyenangkan hati Allah, sang pincipta dan Allah tidak akan pernah berhutang kepada orang yang suka memberi.

Mari memberi apa yang sudah kita miliki, jangan dengan sesuatu yang tidak kita miliki. Melakukan sesuatu yang positif bagi sekeliling kita, sekecil apapun itu!.

Saya hanya bisa menyumbangkan artikel ini untuk Anda!

28 Juni 2015

Tidak ada komentar: