My 500 Words

Kamis, 14 Maret 2013

Tips Menghadapi Hambatan Menulis



Writers on Writing: Overcoming Writer's Block 
 Photo: Daniel Pinkwater, penulis buku anak-anak.


Oleh: Jannerson Girsang[1]

Menulis terus menerus?. Tidak gampang, karena kata William Goldman, seorang penulis terkenal, "Hal termudah dilakukan di dunia ini bukanlah menulis.", sementara "Kewajiban penulis adalah terus menulis.". (William Styron)

Anda perlu energi dan inspirasi. Perlu nasehat dan inspirasi dari pengalaman para penulis lainnya. Mungkin 2013 Anda sudah menetapkan target menulis sesuatu, apakah itu menulis buku, artikel di media, atau tulisan-tulisan yang lain. Suatu ketika, Anda pasti menghadapi hambatan menulis (writer’s block). Pengalaman saya dan banyak penulis mengatakan demikian. Ada masanya kita merasa jenuh, sulit menangkap ide, apalagi merumuskannya.

****

Beberapa bulan yang lalu saya menemukan artikel yang ditulis oleh Richard Norquist http://grammar.about.com/od/yourwriting/a/wblockquotes.htm. Richard Nordquist, Ph.D. dalam bahasa Inggeris, seorang professor emeritus retorik dan Bahasa Inggeris di Armstrong Atlantic State University.

Dia mengumpulkan pengalaman-pengalaman penulis besar dan menyusunnya dalam tahapan-tahapan dimana kemungkinan menghadapi kesulitan menulis. Mulai dari tahapan memulai, menangkap ide, mengatasi hal-hal buruk, membangun sesuatu yang rutin, dan terakhir, menulislah!.  Melalu pengalaman-pengalaman mereka Anda akan dibekali semangat dan kekuatan untuk memulai menulis.

Tips ini menginspirasi saya saat menghadapi jenuh menulis. Setelah berbulan-bulan tidak menulis, Desember 2012, enam artikel dapat saya tulis dalam waktu hanya satu minggu dan dimuat secara bertahap di dua media lokal terkemuka di Medan.

****

Manakah bagian tersulit dalam menulis? Atau, dengan kata lain, tahap manakah dari proses menulis yang paling sulit? Apakah membuat draft (drafting)?.  Revisi?.  Mengedit?. Pemeriksaan akhir (proofreading)?.

Bagi banyak orang, dan bagi saya sendiri bagian tersulit dari semuanya adalah memulai. Duduk di depan layar komputer hanya menghasilkan  kertas kosong, menggulung lengan baju, dan tak menghasilkan apapun.

Saya  ingin menulis, mungkin menghadapi tenggat waktu yang harus memaksa saya  menulis. Tapi bukannya termotivasi atau terinspirasi, saya makin cemas dan frustrasi. Dan perasaan negatif dapat membuat keadaan lebih sulit  memulainya. Itulah yang disebut  writer’s block (hambatan penulis). 

Tapi, tidak perlu bersedih kalau suasananya demikian. Kita tidak sendirian, kata Richard. Banyak penulis profesional - fiksi dan nonfiksi, puisi dan prosa-pernah mengalami frustasi yang hanya menghasilkan halaman kosong.

Ketika muncul pertanyaan tentang hal yang paling menakutkan, novelis Ernest Hemingway berkata, "Selembar kertas kosong." Dan tidak kurang dari  Master of Terror sendiri, Stephen King, mengatakan bahwa "saat paling menakutkan adalah  sebelum Anda mulai (menulis).  Setelah itu, segalanya akan lebih baik."

Jangan frustrasi. Temukan cara untuk mengatasi hambatan menulis, berikut ini tips dari para penulis yang disarikan Richard Nordquis dari pengalaman-pengalaman penulis besar.

1. Memulai

"Hal termudah dilakukan di dunia ini bukanlah menulis.". (William Goldman)

"Menulis merupakan  90 persen prokrastinasi:.  Membaca majalah, makan sereal dengan cara yang tidak biasa, menonton infomersial. Soalnya  melakukan apa saja menghindari menulis, sampai sekitar jam empat pagi dan Anda mencapai titik di mana Anda harus. menulis"(Paul Rudnick)

"Seni menulis adalah seni menempatkan celana duduk di kursi". (Mary Heaton Vorse)

"Salah satu hal paling sulit adalah menulis paragraf pertama. Saya berbulan-bulan membuat paragraf pertama, dan sekali saya memperolehnya, sisanya datang dengan sangat mudah.". (Gabriel Garcia Marquez)

"Rahasia memperoleh lebih dahulu adalah memulainya lebih dahulu. Rahasia memulai adalah keluar dari  tugas-tugas kompleks Anda ke dalam tugas kecil yang bisa dikelola, dan mulai dari awal,”. (Mark Twain)

2. Menangkap Ide

"Saya selalu membawa notebook kemanapun saya pergi. Tetapi itu hanya langkah pertama. Ide begitu mudah. Ide adalah pelaksanaan ide-ide yang sungguh-sungguh memisahkan domba dari kambing". (Sue Grafton)

"Menulis, terdiri dari tahapan mencipta—saat anda mencari ide, anda menjelajah, Anda melempar sekitar (cast around) tentang apa yang ingin anda katakan. Seperti fase pertama sebuah bangunan, fase penciptaan adalah penuh dengan kemungkinan.". (Ralph Waldo Emerson)

"Sebenarnya ide ada dimana-mana. Dia adalah kertas kerja, yakni, duduk dan memikirkan ke dalam kisah yang koheren, mencoba menemukan kata-kata yang tepat" (Fred Saberhagen)

"Jangan pernah berhenti menulis sebab anda akan meninggalkan ide-ide. Isi kekosongan inspirasi dengan menyalin dengan rapi apa yang sudah ditulis”. (Walter Benjamin)

"Saya sudah sering mengatakan bahwa tidak ada hambatan penulis,. Masalahnya adalah ide yang terhambat.  Ketika saya sedang bĂȘte atau pikiran beku - apakah saya sedang bekerja pada sebuah bagian kecil dalam sebuah novel atau brainstorming tentang seluruh buku - itu biasanya karena aku mencoba ide menjadi bagian atau cerita di mana tidak ada tempat ". (Jeffery Deaver)

3. Mengatasi Hal-hal Buruk

"Kita tidak bisa sebaik apa yang kita inginkan, dengan demikian pertanyaannya, bagaimana kita mengatasi keburukan atau kejahatan kita?" (Nick Hornby)

"Anda jangan mulai menulis hal-hal yang baik. Anda mulai menulis omong kosong dan berpikir hal-hal yang baik itu,. Dan kemudian secara bertahap Anda mendapatkan lebih baik. Itulah sebabnya saya mengatakan salah satu ciri yang paling berharga adalah ketekunan." (Octavia Butler)"

"Orang-orang mengalami writer’s block bukan karena mereka tidak bisa menulis, tetapi karena mereka putus asa menulis dengan fasih (eloquent)." (Anna Quindlen)Butler)"

"Kalau saya menunggu sempurna, maka saya tidak akan pernah menulis sebuah katapun". (Margaret Atwood)

"Jangan inginkan benar, tetapi buatlah tertulis" (James Thurber)

"Apa yang ingin saya lakukan adalah menulis. Saya bisa menulis dua minggu ‘the cat sat on the mat, that is that, not a rat.’ Dan itu bisa saja paling membosankan dan mengerikan. Tapi saya mencoba. Ketika saya menulis, saya menulis. Dan kemudian seolah-olah muse tersebut yakin bahwa aku serius dan berkata, 'Oke. Oke. Aku akan datang”. Maya Angelou.

"Saya kira “writer's block” adalah hanya ketakutan bahwa Anda akan menulis sesuatu yang mengerikan. Tapi sebagai seorang penulis, saya percaya bahwa jika Anda duduk di tombol cukup lama, sesuatu yang cepat atau lambat akan keluar. "  (Roy Blount, Jr.)

"Turunkan standar anda dan teruslah menulis". (William Stafford)

4. Bangun Sesuatu yang Rutin 

"Saya hanya menulis ketika saya terinspirasi. Untungnya, saya terisnpirasi jam 9 setiap pagi". (William Faulkner)

 "Saya adalah seorang penulis yang lambat: bisa menulis lima, enam ratus kata adalah hari baik.  Itu sebabnya saya memerlukan waktu 20 tahun menulis satu setengah juta kata tentang Perang Civil (Civil War)." (Shelby Foote)

 "Aku menetapkan diri menulis 600 kata per hari sebagai output minimal, terlepas dari cuaca, keadaan pikiran saya atau jika saya sakit atau sehat." (Arthur Hailey)

 "Sepanjang karir saya, saya telah menulis 1.000 kata per hari -. Bahkan jika saya pusing. Anda harus mendisiplinkan diri jika Anda profesional Tidak ada cara lain.."(J.G. Ballard)"

"Saya menulis 2.000 kata per hari ketika saya menulis Kadang-kadang membutuhkan waktu tiga jam, kadang-kadang membutuhkan lima.." (Nicholas Sparks)

"Aku harus masuk ke dalam semacam zona. Ini ada hubungannya dengan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi, yang merupakan bottom line mutlak menulis.." (Stephen Fry)

"Tutup pintu. Tulislah tanpa ada orang yang melihat dari atas bahu Anda. Jangan mencoba mencari tahu apa yang orang lain ingin dengar dari Anda,.. Mencari tahu apa yang harus Anda katakan. Ini adalah satu hal dan hanya Anda tawarkan.. " (Barbara Kingsolver)

5. Tulis!

"Kalau Anda ingin menulis, tulislah. Itu aturan pertama"(Robert Parker)

"Hambatan  saya adalah karena dua faktor yang tumpang tindih:. Kemalasan dan kurangnya disiplin" (Mary Garden)"

 "Merencanakan menulis bukanlah menulis. Membuay garis besar atau outline -. Meneliti - berbicara dengan orang tentang apa yang Anda lakukan, bukanlah menulis. Menulis adalah menulis.." (E. L. Doctorow)

"Jika Anda adalah seorang jenius, Anda akan membuat aturan sendiri, tetapi jika tidak - dan kemungkinan besar terhadap hal itu - pergi ke meja Anda, tidak peduli apa suasana hati Anda, menghadapi tantangan es kertas (icy challenge)- tulis .". (J. B. Priestly).

"Untuk menulis adalah menulis adalah menulis adalah menulis adalah menulis adalah menulis adalah menulis adalah menulis.".  (Gertrude Stein)

"Kewajiban penulis adalah terus menulis.". (William Styron)

"Membaca banyak. Menulis banyak.  Bersenang-senanglah". (Daniel Pinkwater)

Semoga menginspirasi Anda dan lebih bersemangat menulis di 2013!.




[1] Kolumnis dan Tinggal di Medan

Tidak ada komentar: