My 500 Words

Kamis, 25 Desember 2014

"Tuhan, Aku Tak Sanggup Lagi....."

Oleh: Jannerson Girsang

Masa-masa libur akhir tahun begini, mari gunakan waktu untuk kembali merenungkan dan belajar dari hari-hari yang sudah kita lewati. Jangan sampai semua berlalu tanpa makna, tanpa pelajaran. Apalagi sampai mengatakan: "Oh Tuhan aku tak sanggup lagi.."

Einstein berkata, "Learn from yesterday, live for today, hope for tomorrow. The important thing is not to stop questioning".

Penemu bom nuklir itu mengingatkan kita supaya jangan lupa bertanya dan menjawab tentang apa saja yang sudah terjadi, sedang terjadi untuk memasuki masa depan yang sudah terpampang di depan. Masalahnya, kita sering tidak menyadari itulah kelemahan kita. Kita tidak mampu melakukan sendiri tanpa pertolonganNya.

Apa saja yang sudah kita lakukan, bagaimana hasilnya, bagaimana kita memaknainya dari sudut pandang bersyukur, dari sudut pandang positif, sehingga kesalahan bisa menjadi pelajaran dan secara kreatif mencari jalan keluar dengan cara yang berbeda dan hasil yang lebih baik.

Bukan sebaliknya kesalahan tinggal menjadi kesalahan dan terus menerus berputar-putar dalam masalah yang sama. Bahkan hanya sibuk mencari siapa yang salah, membela kesalahan dengan mengungkap kesalahan yang ada pada orang lain. Pusing di setiap tempat dan setiap waktu!.

Jangankan menjawab persoalan hidup, mempertanyakannya saja seringkali kita lupa. Akibatnya, setelah melakukan sesuatu kita tidak mendapatkan makna, padahal, kegiatan itu sudah dilakukan berulang-ulang. Cara berfikir kita tidak tercerahkan.

Natal dirayakan setiap tahun. Sudah merayakan Natal, tetap tidak pernah bertanya apa makna Natal, sehingga berkali-kali merayakannya, hanya mampu mempengaruhi luarnya saja. Tidak mampu menjawabnya dengan kata-kata, belum lagi dalam tindakan, apalagi memaknainya.

Tak jarang Natal hanya bermakna baju baru, sepatu baru. mobil baru, asessoris gereja baru, makan-makan enak, tidak merubah pikiran atau "mindset" yang baru, menjadi lebih baik. Jadi persoalan Natal hanya menyediakan fisik yang baru.

Bahkan kepanitiaan tak jarang tidak siap, kadang seperti memulai yang baru, seolah baru merayakan Natal untuk pertama kali.

Usai merayakan Natal, dendam tetap terpelihara dengan baik, tetap memikirkan diri sendiri, tetap berbicara keburukan orang lain. Pulang Natal, panitia susah mempertanggungjawabkan biaya Natal. Saling tuduh, saling menonjolkan siapa yang terbesar, akhirnya makna Natal menjadi hilang.

Natal memberi makna kita mengakui kelemahan bertanya, apalagi menjawab semua persoalan hidup. Kita bersuka cita di Hari Natal, karena kekuatan dan kemapuan bertanya dan menjawab persoalan hidup sudah datang.

Yesus Kristus yang difirmankan itu telah ada di tengah-tengah kita, mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan kita.

Kita tidak hanya capek bekerja, capek hidup, yang ujung-ujungnya hanya bisa berkata: "Oh Tuhan, aku tak sanggup lagi. Mengapa Tuhan mengirim saya ke dunia ini. Mengapa sekitarku terasa mengganggu terus, bukan sebagai penolong. Panggil saja saya Tuhan, aku tidak tahan hidup lagi".

Kita menyesali hidup, meninggalkan dunia ini dengan banyak musuh, menyianyiakan berkat Tuhan yang sudah kita diterima. Semua sia-sia. Turunan kita mewarisi permusuhan, bukan perdamaian. 
Keturunan  tidak bisa hidup rukun dan damai.

Bertanya dan bertanyalah setiap hari, berlatih bahwa kita memang tidak mampu sendiri. Hingga setiap saat dan hingga di akhir hidup kita nantinya bisa mengucap syukur. Natal, kelahiran Yesus memampukan kita untuk terus bertanya dan mengakui kelemahan kita.

"Untunglah Tuhan mengirim saya ke dunia ini. Untunglah Yesus datang sebagai penolongku. Begitu indah dunia yang Tuhan ciptakan, begitu baik semua manusia yang Engkau kirimkan. Berikan waktu bagiku untuk melayani mereka. ".

Salam Natal. Medan, 25 Desember 2014

Tidak ada komentar: