My 500 Words

Selasa, 20 Mei 2014

20 Mei 1908: Hari Kebangkitan Nasional

Oleh: Jannerson Girsang

"Hari Kebangkitan Nasional apa sih?,", hal ini saya pernah tanyakan kepada remaja dan pemuda di gereja.

Tak sampai separuh yang tau tahunnya, apalagi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Belum lagi maknanya.

Jangan-jangan pemahaman yang sama juga menjangkiti banyak orang tua, atau para anggota legislatif sekalipun.

Padahal, Hari Kebangkitan Nasional digaungkan setiap tahun. Perayaannyapun dilaksanakan, kadang besar, kadang kecil sesuai musim.

Kalau lagi kampanye begini, perayaannya "dibesar-besarkan" dan kadang disulap menjadi hanya sekelompok golongan yang peduli merayakannya. Karena pemimpin kita tidak sungguh-sungguh mensosialisasikannya, tentu rakyatnya juga tidak peduli sejarahnya.

Kebangkitan Nasional adalah Masa Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul. Bangsa ini saat itu masih dikungkung kebodohan karena penjajahan Belanda.

Hari Kebangkitan Nasional, ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa Multatuli (seorang penulis Belanda yang menulis buku: Seandainya saya orang Belanda).

Tokoh-tokoh yang mempelopori Kebangkitan Nasional, antara lain Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD: Suwardi Suryaningrat (tau nggak. beliaulah yang berubah nama menjadi Ki Hajar Dewantara, sejak 1922), dr. Douwes Dekker (seorang turunan Belanda) yang juga dikenal dengan nama Multatuli (makanya ada Jalan Multatuli di Medan), Dr. Tjipto Mangunkusumo, Sutomo, Ir. Soekarno,serta tokoh-tokoh yang lain. 

Sejak itu, bangsa ini mendirikan Partai Politik pertama di Indonesia (Hindia Belanda), Indische Partij (2012). Pada tahun itu juga Haji Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam (di Solo), KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah (di Yogyakarta), Dwijo Sewoyo dan kawan-kawan mendirikan Asuransi Jiwa Bersama Boemi Poetra di Magelang.

Suwardi Suryaningrat yang tergabung dalam Komite Boemi Poetera, menulis "Als ik eens Nederlander was" ("Seandainya aku seorang Belanda"), pada tanggal 20 Juli 1913 yang memprotes keras rencana pemerintah Hindia Belanda merayakan 100 tahun kemerdekaan Belanda di Hindia Belanda.

Karena tulisan inilah dr. Tjipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat dihukum dan diasingkan ke Banda dan Bangka, tetapi karena "boleh memilih", keduanya dibuang ke Negeri Belanda. Di sana Suwardi justru belajar ilmu pendidikan dan dr. Tjipto karena sakit dipulangkan ke Hindia Belanda. (Beda tokh dengan tokoh-tokoh kita sekarang: ditahan karena mengisap rakyat: korupsi).

Saat ini 2014, kita berharap muncul tokoh-tokoh yang memiliki semangat Kebangkitan Nasional, yang menyadarkan bangsa ini bahwa Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Pilar Kebangsaan.

Bahwa bangsa ini sedang menghadapi masalah besar: Korupsi, Kolusi dan Nepostisme dan penegakan hukum yang lemah. Hukum adalah milik orang berduit. Pembela, hanya membela yang bayar!   

Bangsa ini tertinggal jauh dari Malaysia, Singapura, bahkan beberapa negara miskin di Afrika.

Bangsa ini diliputi rasa sombong, dan tinggi hati, memiliki banyak mall, walau jalan-jalan rusak, rumah sakit mahal walau tak berkualitas. 

Pemimpinnya mudah tersinggung dan berdebat di media tentang hal-hal yang tidak perlu bagi rakyat. Suka menjelekkan sesamanya dan kurang mampu bersaing dengan sehat.

Hari Kebangkitan Nasional Tahun ini adalah suasana menjelang Pilpres. Mari bangkit, mari memilih Pemimpin yang memiliki semangat Kebangkitan Nasional. Pilihlah pemimpin yang mampu membangkitkan Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme dan kesadaran untuk memperjuangkan Indonesia Makmur, dan bangsa yang Beradab!

Clara Girsang, Patricia Girsang, Devee Girsang, Bernard Patralison Girsang, Yani Christin Girsang, Hilda Valeria Girsang, Trisha Melanie Girsang

Medan 20 Mei 2014

Tidak ada komentar: