My 500 Words

Selasa, 10 Maret 2015

Bandara KNIA Makin Bersolek

Oleh: Jannerson Girsang

Kuala Namu International Airport (KNIA), Bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Soetta Cengkareng, kini semakin asri.

Jalan menuju airport, dari perempatan Tanjungmorawa, sepanjang 12 km sudah hampir seluruhnya mulus. Beberapa kilometer menjelang Bandara, di daerah yang bebas pemukiman, mengendara mobil dengan kecepatan tinggi sudah cukup nyaman.

Sayang memang, beberapa kilometer dari perempatan Tanjung Morawa, kiri kanan jalan sudah banyak pemukiman dan berbatasan langsung dengan jalan. Di beberapa tempat ada pasar lagi. Saat-saat tertentu kita bisa terjebak kemacetan.

Jalan yang dulunya sebagian hanya satu jalur, kini semuanya sudah dua jalur. Semakin hari terus dipoles dan semakin baik. Kini tak ubahnya jalan Tol.

Dari rumah saya yang berjarak 35 kilometer, Bandara dapat dicapai kurang dari 1 jam, (berangkat 15.30 tiba 16.20). Tentu saja bukan sedang jam sibuk.

Sayangnya masih banyak sepeda motor. Maunya jalan ke Bandara, suatu ketika bebas sepeda motor. Sangat berbahaya!.

Menjelang pintu kedatangan/keberangkatan, terhampar taman (dulunya hanya semak-semak belukar dan tanaman rawa-rawa) dan kolam dipadu indah dan menyegarkan mata.

"Wah, makin bagus aja jalan ini" kata ibu saya yang sudah berusia 77 tahun. Saya mengantarkan beliau bersama ayah saya ke bandara itu, berangkat ke Jakarta, sore ini.

Pusat-pusat perbelanjaaan oleh-oleh sudah mulai marak di beberapa bagian jalan. Jadi, kita sudah bisa membeli oleh-oleh, tidak harus ke pusat kota lagi. Bisa dibeli sambil lalu ke bandara. .

Menjelang bandara sesekali kita menyaksikan kereta api penumpang lewat di atas rel sejajar jalan, yang menghubungkan Bandara dengan Pusat kota Medan, yang berjarak sekitar 30 km..

Inilah bandara satu-satunya di Indonesia yang langsung dihubungkan dengan jalur kereta api. Kereta api ini dikelola PT Railink, sebuah perusahaan swasta.

Sayangnya ongkos kereta apinya cukup mahal, Rp 100 ribu sekali jalan per orang. Bandingkan harga tiket Argo Parahyangan Jakarta-Bandung yang berjarak 180 km, hanya Rp 120.000.Tapi banyak pilihan transportasi menuju Bandara KNIA. Dari Amplas bisa dengan Damri, hanya Rp 20 ribu per orang sekali jalan. Ada juga taksi, tapi dengan bayaran yang lebih mahal dari bus. 

Orang tua saya yang masing-masing sudah berusia 77 tahun itu saya hanya mendropnya dari mobil, kemudian mereka masuk ke ruang check ini, pakai kereta dorong yang "gratis", karena saya harus mengejar "partonggoan".

Beberapa jam kemudian, mereka sudah sampai di Halim Perdana Kusuma, Jakarta (naik Citilink). Aman juga kan Bandara itu?

Bandara yang mulai dioperasikan 25 Juli 2013 ini adalah airport kebanggaan Sumut. (Medan, 5 Maret 2015, sekitar pukul 16.20).

Medan, 5 Maret 2015
 

Tidak ada komentar: