My 500 Words

Selasa, 10 Maret 2015

Politik: Seni Mencari Masalah (?)


Oleh: Jannerson Girsang

Kaget juga membaca kutipan dari Groucho Marx, seorang komedian terkenal di Amerika yang mengatakan: "Politics is the art of looking for trouble, finding it everywhere, diagnosing it incorrectly and applying the wrong remedies".

Artinya politik itu ternyata adalah seni mencari masalah, menemukannya di mana-mana, mendiagnosis masalahnya secara tidak benar dan menerapkan solusi yang salah.

Politik tidak mempertimbangkan kecerdasan. Kalau di Indonesia, yang penting banyak duitnya licinlah dia masuk partai politik.

Kebodohan tidak menjadi hambatan, seperti dikatakan Napoleon Bonaparte, "In politics stupidity is not a handicap"

Politik juga tidak memiliki relasi dengan moral, seperti dikatakan Nichollo Machiaveli, "Politics have no relation to morals". Tidak heran, kalau para politisi korupsi, menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan partai atau pribadinya.

Jangan-jangan inilah yang dianut oleh sebagian politisi kita sekarang, dan kebetulan pula sangat berpengaruh di partainya.

Dampaknya, orang yang tidak ingin berpartisipasi dalam politik akan merasakan "enaknya" diatur orang-orang dari lingkungan yang tak mempertimbangkan kecerdasan dan moral.

Sayangnya, seperti yang sering disebut Anis Baswedan, orang-orang baik dan pintar tidak tertarik ke politik yang sudah didominasi orang-orang yang sudah kadung mendefinisikan politik seperti di atas.

Maka, siap-siaplah kita diatur orang-orang seperti ini, dan itulah hukuman yang diberikan kepada kita, karena kitalah yang memilih mereka. Plato sudah mengingatkan kita ribuan tahun yang lalu.

Sadarilah bahwa kita semua akan jadi korban. Kita diatur orang-orang tak bermoral, mereka yang berpengatahuan dan bermeoral di bawah standar.

"One of the penalties for refusing to participate in politics is that you end up being governed by your inferiors".

Rp 12 triliun dana siluman masuk ke dalam APBD DKI, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Kalau DPRD DKI aja segitu banyak, bagaimana pula DPR-RI?.

A Hok dan Jokowi, serta jutaan orang-orang cerdas dan bermoral di negeri ini harus mampu melawannya. Dukung mereka!. .

Bagaimana pendapat Anda?.

Medan, 5 Maret 2015

Tidak ada komentar: