My 500 Words

Sabtu, 01 Agustus 2009

Hari-hari Terakhir Bersama Pdt Dr Armencius Munthe MTh (2)

Kaget Terima Pulsa 500 Ribu, Menyesal Tolak Tawaran Makan Siang 

Oleh : Jannerson Girsang

14 Juni 2009, Pesta Syukuran Ulang Tahuun ke 21 GKPS Simalingkar dan Pengumpulan Dana Pembangunan baru saja usai. Sebagian Panitia masih berkumpul di gereja. Bercengkerama minum kopi dan sebagian masih sibuk dengan perhitungan-perhitungan uang yang masuk dan keluar. Beberapa orang panitia, termasuk pendeta Jonesman Saragih, seorang pendeta pembantu di Resort Medan Selatan kebetulan berbincang dalam satu kelompok dengan saya. 


Tiba-tiba, sekitar pukul 19.20. WIB, handphone saya berbunyi, ada sms masuk. Alangkah kagetnya saya, ketika saya membukanya. ”Nomor handphone anda berhasil ditopup sebesar Rp 500 ribu”. Pertama kali dalam hidup saya mendapat kiriman sebesar itu. Bahkan pengisian pulsa paling banyak yang pernah saya lakukan one saya, hanya sebatas Rp 200 ribu. Tak lebih. Sms itu saya tunjukkan kepada teman-teman saya berbincang, termasuk pendeta Jonesman Saragih STh. 

Mereka terheran-heran bahkan ada yang berseloro minta dibagi. Kebetulan kami menggunakan handphone yang berbeda operator, jadi tidak bisa dibagi. Memang, ada seseorang yang sering mengirim saya pulsa akhir-akhir ini. Beliau bukan orang yang berkelebihan. Saya tidak yakin kali ini, pulsa itu berasal dari orang yang sama. Jumlahnya itu yang membuat saya tidak yakin. Tapi, siapa?

Beberapa jam kemudian, saya penasaran juga menelepon kepada orang yang biasa mengirim pulsa itu. Ternyata benar, pengirimnya adalah Pendeta Dr Armencius Munthe.Walaupun beliau tidak mengaku, tetapi saya yakin 100 persen pulsa itu berasal dari pria yang baik ini. 

Besoknya, 15 Juni 2009, telepon di rumah saya berdering. Yang menelepon adalah orang yang sama. Kami berbincang-bincang panjang lebar. Termasuk kiriman sms hari sebelumnya. Ketika kiriman sms itu saya singgung, beliau tidak menanggapi, malah beliau mengatakan. ”Boi do ham roh hu rumah, laho mangan siang hita hu luar,”katanya. Saat itu sekitar pukul 11.00 WIB. Jadi kami disuruh datang jam 13.00. Awalnya saya setuju dan beliau memang serius menunggu.  

Tetapi oleh sesuatu hal, kami tidak bisa menepati janji itu dan dari nada suaranya, saya menduga beliau kecewa berat. Saat itu, istri saya pergi keluar rumah dan saya tidak tau waktunya kembali. Handphonenya mati. Akhirnya, saya menelepon pak Munthe supaya makan siangnya dibatalkan. ”Nantilah, kan masih banyak waktu,” demikian saya memghiburnya. Tapi jawaban dari seberang bernada kecewa berat. Namun, saya berfikir, terlalu banyak perbuatan baik pak Munthe akhir-akhir yang bagi saya terasa sebagai beban. Karena beliau tidak pernah mau dibayarin. 

(Beberapa bulan yang lalu, beliau mengajak kami makan bersama di salah satu restoran di Medan. Istri saya, saya dan pak Munthe. Ketika itu, istrinya tidak ikut. Kami baru pulang melakukan penghiburan dari rumah pak Washington Sipayung, yang beberapa hari sebelumnya mengalami musibah. Rumahnya dimasuk perampok).  

Undangan yang tidak saya penuhi ternyata membuat Pak Munthe sangat kecewa. ”Saya sudah membatalkan semua acara saya siang itu, tetapi kalian tidak datang,”ujarnya tetapi tidak menunjukkan raut wajah marah atau emosi. Beliau tidak pernah mau menyakiti hati. Menurut istri saya, yang beberapa hari kemudian bercerita dengan istrinya Floriana, pria berusia 75 tahun itu, begitu kecewa. 

Pasalnya, 15 Juni adalah hari bersejarah bagi mereka berdua. Hari perkawinan sekaligus pentahbisan Pak Munthe sebagai pendeta. Inilah kekecewaan pertama dan terakhir kali dari seorang teman, guru dan tempat saya curhat selama 22 tahun ini.  

17 Juli 2009, penasaran saya dan istri berkunjung ke rumahnya. Basa-basi sebentar, kemudian saya mengalihkan pembicaraan. ”Saya terima pulsa Rp 500 ribu, apakah pak Munthe yang mengirimnya,” demikian saya mencoba menghilangkan rasa penasaran itu. Tau apa jawabnya : ”Saya biasa mengirim pulsa untuk orang yang mau melakukan tugas-tugas sosial dan penulisan,” katanya enteng sambil tertawa. 

Di rumah, saya bercerita kepada istri saya, bagaimana saya membalas budi baiknya pak Munthe selama ini. Saya bingung menerima semua kebaikannya. Lantas muncul di benak saya, ide untuk mengerjakan biografi istrinya. Saya menelepon pak Munthe, beliau sangat senang. Itu akan menjadi hadiah bagi istrinya Floriana Tobing, yang akan merayakan Ulang Tahunnya yang ke-78, 16 September mendatang. 

Sepakat, akan mengadakan wawancara pada 29 Juni 2009. Kami bertemu di rumahnya usai makan siang. Wawancara berlangsung sampai sore hari. Kedua pasangan ini kelihatannya begitu gembira. Mereka kembali teringat masa-masa lalu mereka yang indah. Kadang pak Munthe dengan gayanya membuat suasana menjadi sangat menyenangkan. Inang Floriana kadang tersenyum simpul pada kisah-kisah yang lucu dan kadang muka sedikit emosi pada kisah-kisah yang menyedihkan. 

Saat wawancara pak Munthe menemani kami sebentar dan permisi, karena harus mengantarkan Theo cucunya ke Polonia. Theo berlibur di Jakarta di tempat tantenya. Usai wawancara, pak Munthe Pulang. Kami melanjutkan lagi pembicaraan sampai jam 19.00 WIB. Saya tidak memenuhi tawaran makan malam karena harus mengikuti sermón di GKPS Simalingkar. 

30 Juni 2009. Saya tiba di rumah sekitar pukul 10 pagi. Wawancara berlangsung dengan ditemani penuh oleh pak Munthe. Kami makan siang bersama. Saat itu kebetulan saya membawa kamera dan moment mereka bedua makan menjadi dokumen penting kehidupan pak Munthe. 

2 Juli 2009. Wawancara melanjutkan materi penulisan. Inang terlihat banyak batuk di sela-sela pembicaraan. Pak Munthe mendampinginya dan membuat suasana begitu bersemangat dan diiringi gelak tawa. Ketika beliau membaca tanggapan istrinya bahwa beliau adalah seorang pria yang ideal, beliau hanya senyum-senyum saja. Tanpa komentar.  

3 Juli 2009. Wawancara lanjutan dan pak Munthe begitu bersemangat. ”Tenang ma nasiam, ganupan beres do holi in. Ulang pala gobir nasiam,”. Kalian tenang semuanya akan beres. Jangan khawatir. Inilah pernyataanya, yang aku tidak tau apa maksudnya saya tidak tau sampai sekarang!. 

15 Juli 2009. Setelah Minggu sebelumnya tertunda karena ibu kurang sehat, wawancara lanjutan berlangsung dengan baik. Pak Munthe sepanjang pembicaraan mendampingi kami. 

16 Juli 2009. Sebagaimana sudah dijadwalkan, saya tiba di rumah sekitar pukul 10.20. Pak Munthe menyambut saya di depan pintu rumahnya. Seperti biasa kami bersalaman, sapaan akrab dan senyumnya yang tak terlupakan. 

Rumah begitu sepi. Hanya ada seorang pembantu, di luar kami bertiga. Kami duduk di ruang tamu. Pak Munthe duduk di kursi dekat pintu, saya di kursi membelakangi dinding rumah sebelah garasi dan Floriana di kursi sebelah kananku. Betul-betul ideal sebagai posisi wawancara. Berkali-kali pak Munthe bolak balik ke kamar mengambil foto. 

Beliau memberikan satu foto yang bekesan baginya. Keluarga Dr Kayser. ”Tidak ada yang memiliki foto ini, kecuali di rumah ini,”katanya bangga.

Wawancara hanya berlangsung sekitar 1.5 jam. Hari itu kami banyak membicarakan rencana teknis penyelesaikan buku. Pak Munthe akan mengerjakan koleksi foto dan percetakan buku. ”Saya punya teman yang memiliki percetakan di Jakarta,”katanya. 

Tiba waktunya makan siang. Pak Munthe mengatakan : ”Hari ini kita harus makan siang disini”. ”Oh, kali ini saya tidak menolak karena lebih sakit ditolak memberi daripada ditolak meminta,” saya bercnada. Pak Munthe tertawa. ”Baen...baen..baen. Lang boi lang mangan siang hita. Domma loja ham,”katanya. 

Usai makan siang, saya bercerita bahwa orang tua Bendahara Jemaat kami St JE Purba meninggal di Raya Humala. Saya akan ke sana Jumat sore dan Sabtu pagi baru tiba di Medan. ”Halani laho berangkat menjenguk na marujung do ham, hupaborhat do ongkos ni ham”, katanya sambil memasukkan amplop ke kantong saya.

Saya pamit pulang. Beberapa kali saya pamit, tetapi masih molor juga, karena pak Munthe masih ingin bercerita lebih banyak. Pak Munthe banyak bercerita tentang istrinya, Dokter Kayser, GKPS dan masalah operasi katarak yang gagal dilaksanakan pada bulan Juni lalu. Andaikata saya punya alat perekam ketika itu ya!. 

Karena alasan ayah saya sudah menunggu di rumah, maka beliau mengizinkan saya pulang. Sekitar pukul 13.30 saya pulang dan Markus Munthe, anak keduanya tiba di rumah. 

Pak Munthe mengantar saya sampai ke pintu gerbang rumahnya. Bahkan sampai ke luar gerbang, persis dipinggir jalan depan gerbang. Melalui kaca jendela mobil saya melambaikan tangan. ”Permisi ma au da pak Munthe, sampai ketemu Senin!”.

Itulah pertemuan kami yang terakhir dalam kondisi badannya yang prima. Hari Sabtu, ketika saya sedang menulis hasil wawancara dengan istrinya, beliau mengalami musibah. ”Beliau terjatuh tidak sadarkan diri dan dilarikan ke rumah sakit,” demikian informasi yang kudengar beberapa hari kemudian. 

Tak kusangka kalau itu merupakan yang terakhir kalinya beliau menyertai saya dan istrinya Floriana wawancara. Andaipun penulisan buku itu dilanjutkan, tak ada lagi orang pintar dan bijak yang mendampingi kami, sebijak dan sepintar pak Munthe.  

Sebagaimana biasa, setiap minggu istri saya mengirimkan sms ucapan hari Minggu kepada Dr Armencius Munthe. Biasanya, tidak sampai lima menit sms seperti itu sudah dibalas. Inilah sms terakhir dari istri saya kepada pak Munthe. Ternyata saat itu beliau sudah berbaring di Rumah Sakit Herna, karena terkena stoke hari Sabtu sebelumnya. Tidak ada berita kepada kami.

Mungkin keluarga begitu panik dan tidak sempat memberitahukan. "Saya mengurus resep, mengurus rumah dan banyak lagi yang harus saya lakukan,"demikian Floriana istrinya mengakui banyak teman-teman dekat bahkan keluarga ang tidak terinformasi saat pak Munthe masuk Rumah Sakit.  

Tidak ada komentar: