My 500 Words

Selasa, 08 Juli 2014

Aku Menulis, maka Aku Ada

Pengantar. 

Kebanggaan seorang penulis adalah ketika kata-kata dalam artikelnya menginspirasi orang lain menulis. Eka Azwin Lubis, seorang penulis muda Sumut yang cukup produktif,  menulis sebuah artikel di harian Tribune News, 14 Juni 2014 dan  mengutip artikel saya. Saya sangat berterima kasih, lanjut terus menabur kebaikan!

  
Oleh Eka Azwin Lubis


SEBAGIAN kita tentu familiar dengan kalimat cugito ergo sum (aku berpikir maka aku ada), yang diungkapkan oleh seorang filsuf Prancis, Descartes. Kalimat tersebut merupakan jawaban bahwa satu-satunya hal yang pasti di dunia ini adalah keberadaan seseorang sendiri. Keberadaan ini bisa dibuktikan dengan fakta bahwa ia bisa berpikir sendiri. Descartes ingin mencari kebenaran dengan pertama-tama meragukan semua hal. Ia meragukan keberadaan benda-benda di sekelilingnya. Ia bahkan meragukan keberadaan dirinya sendiri.

Descartes berpikir bahwa dengan cara meragukan semua hal termasuk dirinya sendiri tersebut, dia telah membersihkan dirinya dari segala prasangka yang mungkin menuntunnya ke jalan yang salah. Ia takut bahwa mungkin saja berpikir sebenarnya tidak membawanya menuju kebenaran. Mungkin saja pikiran manusia tidak membawa manusia kepada kebenaran, namun sebaliknya menjerumuskannya kepada kesalahan. Artinya, ada semacam kekuatan tertentu yang lebih besar dari dirinya yang mengontrol pikirannya dan selalu mengarahkan pikirannya ke jalan yang salah.

Sampai di sini, Descartes tiba-tiba sadar bahwa bagaimanapun pikiran mengarahkan dirinya kepada kesalahan, namun ia tetaplah berpikir. Inilah satu-satunya yang jelas. Inilah satu-satunya yang tidak mungkin salah. Maksudnya, tak mungkin kekuatan tadi membuat kalimat “ketika berpikir, sayalah yang berpikir” salah. Dengan demikian, Descartes sampai pada kesimpulan bahwa ketika ia berpikir, maka ia ada (Wikipedia).

Hal ini sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Pramodya Ananta Toer dalam bukunya Bumi Manusia, seorang terpelajar sudah mampu berlaku adil sejak dalam pikiran. Tentu ini menjadi bukti kepada kita bahwa alam pikiran kita sangat memiliki pengaruh terhadap eksistensi keberadaan kita. Menurut Pram (sapaan akrab Pramodya Ananta Toer), orang boleh pintar setinggi langit, tapi selagi tidak menulis dia akan hilang dari sejarah. Selain menjadi sumber rujukan dalam berbagai disiplin ilmu, sebuah tulisan akan memberikan kesan tersendiri bagi setiap penulisnya di mata orang yang membaca.

 Mengubah pola pikir
Saya pernah membaca suatu artikel berjudul Menulis Untuk Keabadian yang ditulis oleh Maruntung Sihombing. Beliau menyatakan jangan salahkan anak cucu kita, jika mereka lebih mengenal Tan Malaka, Pramodya Ananta Toer, Soe Hok Gie, atau Chairil Anwar dan tidak mengenal kita sebagai leluhurnya. Hal itu bukanlah suatu pernyataan yang naif, karena mereka telah menggoreskan nama mereka dengan tinta emas ke dalam setiap hati penggemar melalui tulisan-tulisannya.

Tidak jarang melalui tulisannya mereka mampu mengubah pola pikir masyarakat umum sesuai dengan alur berpikir yang mereka miliki. Malaka memiliki kemampuan untuk mengorganisir massa yang dia tuangkan ke dalam banyak buku seperti Aksi Massa, Dari Penjara ke Penjara, hingga Madilog. Semua buku yang dia tulis bukanlah hasil kebut semalam demi mengejar popularitas, namun melalui berbagai tinjauan filosofis yang dalam, yang hingga kini tetap menjadi konsumsi publik dan kerap menjadikannya sebagai patron dalam menentukan arah suatu gerakan.

Pram memiliki karakter yang sedikit berbeda dengan Malaka. Beliau lebih cenderung menularkan pemikiran melalui cerita-cerita fiksi yang dituangkan ke dalam novel-novelnya. Wawasan yang luas didukung dengan penggunaan bahasa yang mudah dicerna oleh berbagai elemen masyarakat membuat novel pram begitu digandrungi. Cerita-cerita yang begitu menyentuh hati para pembaca, membuat Pram kerap keluar masuk penjara karena dianggap sebagai antek-antek PKI yang memiliki tujuan menumbangkan pemerintah melalui tulisan-tulisannya. Padahal, melalui tulisannya itu ia menyadarkan banyak orang tentang perihnya sebuah penindasan dan ketidakadilan.

Itulah yang namanya penulis, dia selalu menuangkan ide gagasanya tanpa terikat ruang dan waktu. Pram yang sempat menjalani hukuman penjara di Pulau Buru tetap menulis apa yang menurutnya menjadi suatu keharusan untuk dinikmati generasi penerus peredaban. Di dalam penjara buru pula lahir rangkaian novel yang kemudian dia beri nama Tetralogi Buru karena terdiri dari empat buku yang saling berkaitan, yaitu Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, dan Rumah Kaca, yang telah diterjemahkan ke dalam tidak kurang dari 10 bahasa asing.

Pram seolah paham betul bagaimana cara membangkitkan gairah perlawanan kaum proletar yang senantiasa ditindas oleh para pemodal melalui analogi pada zaman penjajahan ketika Belanda begitu menginjak-injak martabat kaum pribumi. Banyak kecaman yang Pram terima terkait tulisan-tulisannya yang tajam. Sampai suatu ketika dia pernah dinobatkan sebagai penerima penghargaan Magsaysay Award dari Filiphina karena dedikasinya, dan mendapat protes dari banyak pihak yang menganggapnya tidak layak menerima penghargaan tersebut. Terlepas dari berbagai kontroversi yang melakat dalam perjalanan hidup seorang Pram, kita harus akui bahwa hingga hari ini beliaulah satu-satunya putra bangsa ini yang beberapa kali masuk nominasi penerima nobel bidang sastra.

Beberapa tokoh di atas merupakan patron dalam dunia tulis menulis yang pengakuaan atas hasil karyanya tidak hanya berasal dari dalam negeri, namun juga berbagai belahan dunia. Ada satu rasa iri yang selalu menghantui diri saya ketika membaca setiap tulisan-tulisan mereka, sebab meski telah meninggal dunia, semua orang masih dapat menyebut dan mengenal nama mereka dengan fasih, karena warisan tulisan yang mereka tinggalkan selalu melekatkan nama mereka di dalamnya.

 Cerminan karakter
Guru saya, Majda El Muhtaj pernah mengatakan you are what you read. Kata-kata yang beliau adopsi dari sebuah tulisan di angkutan umum Singapura itu, beliau sampaikan untuk mendorong kita agar segera menulis. Menurut beliau, orang yang menulis sudah pasti membaca, sementara orang yang membaca belum tentu menulis. Sehingga apa yang kita tulis merupakan cerminan dari karakter kita yang sedikit banyak terbentuk dari buku-buku yang kita baca.

Melalui sekelumit gagasan yang ada di kepala, saya coba memberanikan diri menuangkannya ke dalam tulisan. Harapan yang dibarengi ambisi ingin menjadi manusia yang terkenang abadi melalui tulisan-tulisannya menjadi penyemangat tunggal untuk terus menuangkan ide ke dalam tulisan agar bisa dikonsumsi oleh banyak orang. Melalui berbagai percobaan yang berakhir kegagagal, akhirnya semua penantian terjawab manakala sebuah media untuk pertama kalinya memuat tulisan saya di kolom opini.

Kebanggaan menjadi seorang penulis senantiasa menyapa manakala ada orang lain yang membahas tulisan kita. Lebih jauh dari itu, meskipun hanya sebatas tulisan di opini surat kabar ternyata hal itu memberi arti tersendiri. Rasa yang sama ternyata dimiliki oleh banyak penulis opini yang hari ini tulisan-tulisannya mewarnai surat kabar. Mulai dari para penulis senior yang memilik reputasi hebat hingga para penulis pemula seperti saya berbaur saling memberi masukan untuk memperbaiki pola penulisan hinggamendiskusikan substansi dan latar belakang apa yang kita tulis.

Jannerson Girsang, seorang penulis senior pernah mengutip pribahasa klasik dalam sebuah tulisannya Verba valent schripta manent, yang berarti apa yang terucap akan lenyap bersama angin dan apa yang tertulis akan terkenang abadi. Kata-kata itu semakin mengukuhkan peran seorang penulis dalam memberikan sumbangsih pemikiran bagi peradaban manusia, karena apa yang pernah kita tuangkan ke dalam tulisan akan selalu terkenang abadi meskipun kita telah tiada. Aku menulis, maka aku ada!

Eka Azwin Lubis, Aktivis HMI dan Staf Pusat Studi HAM pada Universitas Negeri Medan (Unimed), Medan, Sumatera Utara. Email: ekakalubis@yahoo.com

Tidak ada komentar: