My 500 Words

Selasa, 22 Juli 2014

Selamat Menikmati Luka

Oleh: Jannerson Girsang

Pagi ini, saya membaca status temanku yang baik Remon Pakpahan, mantan teman se kantor di Perusahaan Telekomunikasi, PRAMINDO--joint venture France Telecom dan Astra International. Dia kini bekerja di perusahaan lain dan tinggal di Jakarta..

Dia menulis tentang filosofi pohon karet. Dilukai, tetapi malah mengeluarkan getah yang berharga. Tulisan singkatnya menginspirasi saya menuliskan artikel ini. Terima kasih lae Remon!

Setiap kali bepergian ke Siantar dari Medan, saya melintasi perkebunan karet Good Year, seluas 17,000 hektar.

Good Year--sebuah perusahaan perkebunan asal Amerika itu, tidak akan membangun perkebunan karet seluas itu, seandainya pohon karet--tanaman hutan, tidak tahan dilukai.

Perkebunan besar ini ternyata menyimpan pelajaran penting bagi saya sendiri, tentang arti sebuah luka!.

Tanpa getah, karet hanya bernilai pohon. Paling-paling bisa dijadikan kayu api, atau lebih kerennya, sebagai perabot.

Pohon Karet menjadi sangat terkenal, karena setiap hari kulitnya dilukai untuk mendapatkan getah. Getahnya dapat digunakan untuk berbagai keperluan umat manusia. Yang paling banyak kita saksikan digunakan untuk ban kenderaan,

Seluruh dunia akhirnya tau, manfaat karet dan setiap hari tidak bisa telepas dari bahan yang terbuat dari karet. Penduduk dunia sangat tergantung kepada karet, yang setiap hari terluka. Mereka berguna karena tahan dilukai.

Saling mendukung dan menyayangi, itu baik. Tetapi jangan salah. Meskipun kadang kita terluka oleh seseorang, jangan langsung menilai jelek, dan memusuhinya. Sebab, mereka adalah tangan Tuhan menguji ketahanan mental kita.

"Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?"

Makian, cercaan, bahkan ancaman dalam sejarah umat manusia, bukan sesuatu yang pernah membuat manusia punah.

Nelson Mandela, mantan Presiden Afrika Selatan, terluka selama 27 tahun di penjara. Beliau mendoakan para sipir penjara yang pernah menyiksanya, bahkan mengencinginya.

Dalam sejarah umat manusia, mereka yang tahan terluka, menjadi orang besar, menjadi pemimpin besar. Dilukai adalah kodrat manusia yang ingin berbuat baik, dan menghasilkan sesuatu yang baik. Tak ada pemimpin besar, tanpa mengalami luka, tahan dan mampu menyembuhkan sendiri luka-luka yang dialaminya!

Mereka, para pemimpin besar umumnya memaknai mereka yang melukai dirinya sebagai "guru" yang baik bagi ketahanan mentalnya.

Maka, sikap kita, "Ketika dimaki, memberkati; ketika dianiaya, sabar; ketika difitnah, menjawab dengan ramah," tulis teman saya Remon di Facebooknya hari ini..

Menutup artikel ini, sebuah surat untuk Prabowo mengingatkan saya akan filosofi karet. Kita beruntung kalau seseorang melukai kita, ketika kita melakukan sesuatu dengan niat yang baik dan benar.

"Pak Bowo yang saya hormati, saya melihat ujian yang anda berikan kepada presiden saya adalah ujian yang terbaik untuk menjadikan presiden pilihan saya siap memimpin indonesia, ujian yang terbaik untuk kami pendukung bapak Joko Widodo mengerti arti kerja sama dan gotong royong memberikan perlawanan terhadap ujian bapak dan tentunya ujian terbaik untuk rakyat indonesia secara keseluruhan mengerti arti kata persatuan Indonesia" tulis salah seorang pengirim surat ke Prabowo. .

Selamat menikmati luka! .

Medan, 17 Juli 2014

Tidak ada komentar: