My 500 Words

Jumat, 13 Juli 2012

Buku Kisah Hidup:
Obat dan Warisan

Oleh : Jannerson Girsang.
 Biografi Prof Dr Sutan Hutagalung, 2005
Anda mungkin sudah sering membaca buku-buku biografi atau otobiografi. Tapi pernahkah Anda membaca kisah tentang makna buku itu bagi sang tokohnya atau pembacanya?

Pat McNess, seorang penulis terbaik National Association of Government Communicators, USA) mengatakan, "Proses mengulang kembali kisah kehidupan merupakan pengobatan alternatif, khususnya pada usia lanjut, dan membuat kisah hidupnya terekam (bagaimanapun sederhananya atau mewahnya paket itu) adalah sebuah hadiah sangat bagus kepada generasi yang berikutnya, dan kepada generasi sesudahnya".

Menulis kisah orang berusia lanjut merupakan obat bagi sang tokoh dan warisan yang bagus bagi keturunannya. Sayangnya, perhatian pada penulisan kisah hidup para orang tua yang sudah lanjut, tak begitu berkembang dari tahun ke tahun.

Banyak penulisan justru dilakukan saat pencalonan gubernur, bupati, walikota, parlemen yang sebenarnya jauh bergeser dari makna yang sebenarnya. Bahkan saya belum membaca biografi tokoh terkenal seperti Marah Halim Harahap—tokoh olahraga terkenal di Sumatera Utara yang sudah berusia lanjut. Mudah-mudahan kisahnya bisa segera bisa dinikmati dan menjadi kisah menginspirasi.

Orang Biasa dengan Kisah yang Luar Biasa

Jangan kecil hati kalau orang tua Anda hanya biasa-biasa saja. Mungkin kisahnya sederhana tetapi tak lepas dari kemungkinan jadi sebuah buku yang terkenal. Orang yang sering luput dari perhatian, ternyata tidak sedikir memiliki kisah hidup yang memberi inspirasi yang luar biasa.

Nilai sebuah kisah hidup tidak semata-mata pada tokohnya seorang pejabat, orang kaya atau tokoh terkemuka, tetapi lebih pada inspirasi yang pernah dihasilkan tokohnya dalam mengatasi permasalah hidup mampu merubah pandangan pembacanya dan membuatnya berfikir dan bertindak ke arah yang lebih baik bagi kehidupan umat manusia.

Tak terbayang dalam pikiran Anne Frank seorang anak berusia 15 tahun, atau Demetri seorang pembantu rumah tangga kulit hitam di Amerika pada era 60-an kalau kisah mereka dibukukan dan menjadi bacaan yang banyak menginspirasi dunia ini.

Bagi Anda yang pernah membaca buku catatan Anne Frank—catatan harian seorang anak kecil pada masa perang dunia kedua menjadi sebuah buku legendaris sepanjang abad. Novel The Help (2009), karya Kathryn Stockett, menjadi buku laris di harian terkemuka di Amerika Serikat, The New York Times. Kini buku ini sudah difilmkan dan dbintangi aktor dan aktris terkenal.

Jadi jangan buru-buru mengatakan bahwa: "Ah dia kan orang tak dikenal ...kok biografinya ditulis?".

Obat dan Warisan

Dalam artikelnya berjudul Writing Your Memoir Telling Your Family Story Saving Lives, on story at a Time, Pat McNess yang juga penulis beberapa buku biografi mengungkapkan kisah di balik buku karyanya An American Biography.

Buku tersebut adalah kisah orang sederhana, tetapi menjadi buku laris (best seller) di toko buku online Amazon.com. Warren Webster, tokoh di dalam buku An American Biography adalah seorang pelaku bisnis di Ohio, dan kisahnya ditulis saat usianya menjelang 80an.

Dia kehilangan kedua kakinya karena kencing manis (diabetes). Penderitaannya diperparah dengan kehilangan isterinya setelah 70 tahun perkawinan. Dia sangat tertekan. .

Webster adalah seorang pekerja pabrik yang kemudian menapaki kariernya masuk ke deretan eksekutif. Ia pensiun dari keadaan yang disebutnya sebagai "karier sederhana" pada sebuah pabrik.

Dia bingung mengapa seseorang menginginkan kisah hidupnya. "Tetapi dengan menceritakan kisahnya sendiri, seperti dikisahkan Pat Mc Nees, cerita itu merubahnya—sinar kembali terbawa ke matanya, membuatnya merasa sepenting itu untuk diketahui keluarga," tulis Pat Mc Ness.

Saat seseorang merasa dirinya gagal, kisah hidupnya yang mengesankan bisa merubah keadaannya sendiri. Ketika Pat Mc Ness selesai menulis sebuah cerita atas wawancara dengan Webster, dia membacakannya keras-keras di hadapannya, saat merasa dirinya gagal. Saat membacakan itu Pat Mac Ness berkata "Webster memutuskan bahwa sebuah kehidupan dengan kuku jari tangan yang kotor (dirty fingernails) bukanlah dirinya," ia berkata, "Anda dapat berhenti tepat disana. Inilah inti seluruh cerita."

Pat Mc Nees, mungungkapkan hal yang jauh lebih bermakna: "Cerita karier Webster mencerminkan perubahan di dalam kultur Amerika dan industri transportasi abad ke duapuluh. Bab yang mengisahkan tentang isterinya Mary adalah perjuangan keras puluhan tahun mengatasi kekacauan yang bipolar, menawarkan sebuah pandangan sekilas tentang sikap Amerika terhadap penyakit mental pada pertengahan abad ke dua puluh".

Itulah kisah di balik An American Biography yang dijual di Amazon.Com. Buku itu menjadi sebuah memorial yang mengesankan dalam hidup penulisnya sendiri.

Pengalaman kami dalam menulis beberapa buku biografi atau otobiografi sejalan dengan pernyataan Pat McNess. Prof Dr Sutan Hutagalung, pemilik biografi berusia di atas 80-an pernah mengungkapkan bahwa di usia lanjut dirinya memerlukan teman bicara. Dirinya tidak ingin dilupakan begitu saja, apalagi dirinya pernah menjadi orang penting. Orang usia lanjut merasa bangga ketika dia didengar dan merasa bernilai saat cucu-cucunya atau orang lain bercerita tentang dirinya.

Dalam proses penulisannya sekitar pada tahun 2004, kami mendengar kesaksiannya bahwa wawancara dan diskusi tentang masa lalunya adalah obat yang sangat manjur. Ketka dia membaca kisah dirinya sendiri menambah rasa percaya dirinya. Dari unek-uneknya yang terpendam dan kemudian ada yang mendengar rasanya plong!. Walau tentunya tidak semua layak bisa ditulis.

(Ingat, biografi atau otobiografi, bukan menghakimi orang lain atau membenarkan diri sendiri. Apa yang dilihat, dirasakan dan memberi makna bagi diri sendiri dan orang lain. Bukan seperti banyak buku yang diterbitkan justru dimaksudkan untuk menempatkan seseorang (tokohnya) dalam posisi benar dan yang lain salah).

Memutar kembali memori saat penulisan buku "Hanya Oleh Belas KasihNya" beberapa tahun lalu.

Kisah paling berkesan adalah saat kami mewawancarainya pertama kali. Dia terbaring di tempat tidur dan susah bergerak. Sampai-sampai istri almarhum (sekarang masih hidup) mengingatkan saya bahwa suaminya sakit, dan tidak boleh bicara terlalu lama.

Apa yang kemudian saya saksikan dan juga menjadi kesaksian keluarga adalah tidak terjadi sesuatu yang pernah dikhawatirkan mereka. Malah sebaliknya, pertemuan pertama kami berjalan lebih dari empat jam terus menerus. tanpa istirahat.

Dalam pertemuan-pertemuan kami selanjutnya, beliau beberapa kali mengatakan kalimat ini. "Kau jadi seperti dokter buatku,"ujar almarhum Prof Dr Hutagalung, mantan Sekjen Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) itu. Hal yang tidak pernah saya pikirkan sebelumnya

Saya bukan dokter, tetapi pengalaman menulis biografi dan otobiografi seorang berusia lanjut, penulis biografi bisa membuat tokohnya lebih bersemangat. Sang tokoh yang saya tulis justru merasa sakitnya berkurang dan mendorong fisiknya bertambah sehat dan segar.

Sebuah buku kehidupan (biografi atau otobiografi) memberi obat dan hadiah khusus bagi tokohnya, serta warisan berharga bagi keturuannya dan orang-orang di sekitarnya. Buku itu menjadi tugu hidup, bukan sekedar sebuah kado mati.

"Saya belajar banyak dari buku-buku biografi, " ujar Agnes Monica—seorang penyanyi sukses Indonesia, pada acara Indonesian Idol di sebuah televisi swasta, Malam Minggu 8 Juli 2012 lalu. Orang-orang sukses ternyata banyak terinspirasi dari buku-buku biografi, atau otobiografi.

Tulisan ini merupakan pengamatan kami setelah menulis sekitar 14 buah buku sejenis. Meski masih memerlukan pembuktian yang lebih mendalam.

Dokumentasikanlah kisah-kisah orang tua yang sudah berusia lanjut, selain memberinya obat, juga merupakan sumbangan warisan peradaban bagi dunia ini. ***. 

Dimuat di Harian Analisa Cetak 13 Juli 2012, Halaman 28..

Rabu, 04 Juli 2012

Cagubsu dan Cawagubsu Perempuan, Muncullah!
Oleh : Jannerson Girsang
 
Sumber foto: http://www.doelindramayu.blogspot.com

Sampai artikel ini ditulis, belum satupun calon perempuan maju sebagai calon Gubsu maupun Wagubsu sebagai pilihan bagi lebih dari 9 juta pemilih dari provinsi yang berpenduduk 13 juta jiwa ini. Padahal, jumlah perempuan diperkirakan lebih dari 50 persen pemlih. Selain itu, masa pelaksanaan Pilgubsu akan berlangsung 7 Maret 2012. Sayang sekali kalau peluang itu berlalu begitu saja.

Perempuan sangat potensial memimpin sebuah perubahan. Tak ada lagi orang yang meragukannya. Buktinya, beberapa tahun terakhir ini pemimpin perempuan telah menunjukkan kiprahnya dalam memimpin perubahan bangsa ini. Dekade pertama abad 21 Indonesia berhasil melahirkan seorang gubernur pertama di Indonesia, Ratu Atut Chosiyah, Gubernur Provinsi Banten.

Artikel ini bermaksud membuka mata dan mengajak kaum perempuan di provinsi ini dan mengajak untuk menyimak pengalaman Ratu Atut Chosyiah. .

Teori Berenang tidak Cukup, tapi Terjunlah ke Kolam RenangBeberapa artikel telah menyatakan keprihatinannya atas alpanya calon perempuan meramaikan bursa Cawagub dan Cagubsu dalam Peilbugsu 2012. Kami tertarik dengan artikel yang ditulis Lusiah, SE, MM dan Halim Loly, SE, MM (Analisa, 20 Juni 2012).

Lusiah dan Halim Loly berpendapat pemberdayaan politik perempuan yang dilakukan selama ini belum maksimal. "Ke depan perlu didukung pemberdayaan politik perempuan dengan ikut serta dalam suksesi kepemimpinan. Perempuan sangat potensial dalam memimpin karena menggunakan perpaduan rasio dan perasaan perempuan. Kepemimpinan seperti ini sangat dibutuhkan oleh rakyat. Perempuan sendiripun perlu membenahi dirinya dan meningkatkan dirinya agar bisa bersaing dengan kaum laki-laki," demikian penulis artikel ini dalam kata penutupnya.

Satu catatan tambahan bahwa pemberdayaan itu sendiri hanya sebuah stimulant terciptanya seorang pemimpin, penentunya adalah pilihan orang yang diberi pemberdayaan itu.

Belajar teori tidak cukup, tetapi harus praktek. Sekali lagi, materi pelatihan yang diberikan kepada perempuan hanyalah pengetahuan yang membekali dirinya memberi tanggapannya atau respons terhadap sebuah rangsangan (kepekaannya terhadap persoalan masyarakat di sekitarnya).

Artikel Lusiah, SE, MM dan Halim Loly, SE, MM menyebut materi pemberdayaan perempuan yang mencakup banyak hal dan dibagi dalam materi pokok (mencakup pendidikan politik seperti UUD 1945; Paket undang-undang bidang politik, serta materi tentang peranan perempuan dalam pembangunan politik dan demokrasi) dan materi penunjang (tata pemerintahan yang baik (good governance); retorika publik; pemberdayaan perempuan; otonomi daerah dan sistem pemerintahan daerah; komunikasi yang efektif; citra diri; perempuan dan peluang global; kebijakan serta pemerintah dalam pembangunan dan pemberdayaan perempuan). Bahkan dilengkapi materi lokal seperti budaya perempuan berdasarkan adat istiadat daerah, pembentukan organisasi perempuan di daerah; peranan Ormas dan LSM dalam pemberdayaan perempuan.

Materi-materi itu ibarat pelajaran berenang di depan kelas. Sama seperti seorang anak yang belajar teori berenang di depan kelas, maka dia tidak akan bisa berenang tanpa membuat pilihan dirinya terjun ke kolam renang. Kalau si anak takut kedinginan atau takut tenggelam, maka sampai kapanpun si anak tidak akan pernah bisa berenang. Pemimpin harus berani melintasi tantangan, tidak hanya mengeluh dan mencari alasan.

Sangat menarik menyimak pendapat Dr Noel Tichy penulis buku terkenal The Leadership Engine. Pemimpin tidak dilahirkan tetapi diajar. Walau kemudian ditegaskan kembali oleh Steven R. Covey, bahwa sekali lagi, dalam hal inipun berlaku pilihan seseorang atau sang tokohnya sendiri. Bukan ajaran itu yang menentukan, tetapi orang tertentu yang mau diajar, dan mau mengikuti ajaran itu.

Pelajaran yang sudah didapat dari pemberdayaan harus digunakan untuk mengasah kemampuan mengidentifikasi persoalan-persoalan yang muncul di tengah-tengah masyarakat serta memberi solusi atas persoalan. Itulah sebenarnya "kolam renangnya".

Belajar dari Ratu Atut Chosiyah, Gubernur Perempuan Pertama di Indonesia

Seorang pemimpin tidak dilahirkan atau dibuat (dalam arti bukan hasil didikan dan pelatihan lingkungannya). Pemimpin itu "dibuat sendiri" (self made) oleh seseorang melalui kemampuannya menanggapi atau merespons situasi di sekitarnya.

Kepemimpinan adalah pilihan dan pembentukan pemimpin memerlukan proses. Seseorang akan terbentuk menjadi pemimpin pada bidangnya dengan mempraktekkan wilayah kepedulian atau responnya dengan prinsip-prinsip yang benar serta mengembangkan kemampuan, pengetahuan atau disiplin ilmu yang dimilikinya.

Dari pengaruh yang kecil lama-lama membesar. Ingat bagaimana pemimpin informal Ibu Theresia di India, Presiden Pertama Perempuan Nigeria, Ellen Johnson Sirleaf, atau "The Mother of Revolution", Tawakkol Karman dari Yaman. Mereka adalah perempuan-perempuan berpengaruh, peraih Nobel atas kegiatan-kegiatan baik yang dilakukannya menuju keadilan dan perdamaian dunia ini. .

Mereka muncul dengan area of concernnya dan menjadi pemimpin di sana, kemudian mendapat dukungan dari kalangan yang lebih luas. Tokoh-tokoh seperti ini bahkan tidak mencalonkan dirinya, tetapi dicalonkan orang lain.

Bukan muncul tiba-tiba, hanya berteriak ketika musim Pilgubsu.

Seorang perempuan maju menjadi gubernur, bermodalkan ide, keinginan serta keberanian untuk maju. Itulah prinsip yang dipegang Ratu Atut Chosyiah, gubernur pertama perempuan di Indonesia. Ia terpanggil menjadi gubernur (Lihat blog pribadinya: http://ratuatutchosiyah.wordpress.com/perihal/).

Menjadi seorang gubernur adalah panggilan. Tidak didorong-dorong atau diciptakan lingkungan. Ada keinginan besar dari seseorang untuk menjadi pemimpin, untuk memimpikan perubahan.

Perempuan berparas cantik kelahiran Serang, Banten, 16 Mei 1962 menjadi Gubernur Perempuan Indonesia pertama, didampingi wakil gubernur Muhammad Masduki. Keduanya dilantik pada Sidang Paripurna Istimewa DPRD Banten di Cipocok Jaya, 11 Januari 2007.

Sebelum mencalonkan diri menjadi gubernur, Ratu Atut Chosiyah menapaki jalan panjang dan berliku.

Ratu Atut menjalani masa kecil, tumbuh dan berkembang bersama lingkungan masyarakat agraris dan agamis. Ia menamatkan Sekolah Dasar di kampungnya di Serang dan melanjutkan pendidikannya (SMP, SMA, Perguruan Tinggi) di Kota Bandung.

Di Kota Kembang ini, selain belajar ia merintis bisnisnya. Mulai dari usaha kecil-kecilan sebagai supplier alat tulis dan kontraktor, kemudian berkembang pesat ke berbagai bidang, terutama perdagangan dan kontraktor.

Dia memang berbakat sebagai pemimpin dan dikenal luas di kalangan pengusaha di daerah pemilihannya. Sebagai pengusaha, Ratu Atut pernah menduduki sejumlah jabatan prestisius, antara lain, bahkan pernah menjadi Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah (KADINDA) Provinsi Banten, Ketua Asosiasi Distributor Indonesia (ARDIN) Provinsi Banten dan aneka organisasi lain.

Sebagai putri Banten, Ratu Atut merasa terpanggil untuk membangun Provinsi Banten, yang terbentuk pada pertengahan tahun 2001, dengan terlibat langsung sebagai pemegang kebijakan dalam pemerintahan.

Awalnya, dirinya tidak mencalonkan langsung menjadi gubernur. Dalam usia masih muda (40 tahun), ia terjun ke dunia birokrasi dengan mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Banten periode 2002 – 2007, dan dalam pemilihan di DPRD Banten, Ratu Atut bersama calon gubernur Djoko Munandar terpilih untuk memimpin Provinsi Banten.

Situasi politik mendongkrak popularitasnya. Ketika Djoko Munandar dicopot dari jabatannya karena terkait kasus korupsi, Ratu Atut ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Banten.

Sebagai pelaksana tugas gubernur, ia mempersiapkan dan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah 2006.

Setelah merasa memiliki pengaruh dan kemampuan yang cukup, maka dalam pilkada 2006, ia mencalonkan diri sebagai gubernur dan berpasangan dengan calon wakil gubernur Mohammad Masduki.

Pencalonan mereka didukung Partai Golkar, PDI-P, PBR, PBB, PDS, Partai Patriot, dan PKPB. Ini bukan hal yang mudah. Dia pasti punya lobby-lobby yang kuat, memiliki jaringan yang luas. Hebat tokh, seorang perempuan bisa mendapat dukunan dari partai-partai besar seperti itu. Kita semua tau, mencari dukungan satu partai saja bukan hal yang mudah.

Berdasarkan hasil penghitungan manual yang dilakukan KPU Provinsi Banten, bersama pasangan wakil gubernur, ia memperoleh 1.445.457 (40,15 persen) dari 3.599.850 suara sah. Suara tidak sah mencapai 177.141 suara.

Dengan demikian, tingkat partisipasi pemilih mencapai 60,83 persen dari total warga yang menggunakan hak pilih sebanyak 3.776.385 atas 6.208.951 pemiluh terdaftar.

Tentu sang Ratu tidak mulus-mulus saja melenggang menikmati hasil pemilihan yang memenangkannya menjadi gubernur. Hasil pemilihan gubernur itu ditolak tiga pasangan calon gubernur, yakni Zulkieflimansyah - Marissa Haque, Tryana Sjam’un - Benyamin Davnie dan Irsjad Djuwaeli - Mas A. Daniri.

Mereka menolak dan menggugat Komisi Pemilihan Provinsi Banten, Biro Pemerintahan Provinsi Banten, dan Dinas Kependudukan Provinsi Banten. Bahkan, selain menggugat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Banten, pasangan Irsjad-Daniri juga mengajukan gugatan terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Proses gugatan berjalan, tetapi sang Ratu melenggang menjadi gubernur.

Kisah menuju tangga gubernur, Hajjah Ratu Atut seharusnya menjadi inspirasi berharga bagi kaum perempuan menuju tangga gubernur!.

Apapun ceritanya, Ratu Atut telah membuka sejarah di Indonensia, bahwa perempuan layak memimpin provinsi.

Adakah perempuan sekaliber Ratu Atut dari kalangan perempuan Sumatera Utara. Kalau ada, majulah jangan tunggu!. Kalau tidak menjadi Cagubsu, yah paling tidak Cawagubsu. Sebuah tantangan yang hanya bisa dijawab sendiri oleh kaum perempuan di provinsi ini. 

Dimuat di Harian Analisa, 4 Juli 2012 dan bisa diakses di http://www.analisadaily.com/news/read/2012/07/04/60808/cagubsu_dan_cawagubsu_perempuan_muncullah/#.T_RZv5Ee6Fr. 

Catatan: Ratu Atut kemudian dimasukkan ke penjara karena korupsi. Gubenur Banten itu dijemput penyidik  KPK, Jumat (27/12/2013), karena dugaan korupsi dalam jumlah besar. Dia ratu korup, bukan contoh yang baik untuk ditiru.

Jumat, 02 Maret 2012

Bincang-bincang dengan Idris Pasaribu (2) “Dulu, Medan Ibukota Sastra Indonesia” (Batak Pos, 1 Maret 2012)


Oleh: Jannerson Girsang

novel pincalang 
Sumber foto: www.antaranews.com

Bincang-bincang kami makin hangat dan menarik. Tak terasa gelas kopi pesanan pertama sudah kosong. “Tambah kopinya bang,”pintanya kepada lelaki pemilik kedai setengah umur itu. Sedikit membuat heran pelanggan yang duduk di samping kami.

Idris kembali menarik asap rokoknya dalam-dalam, seolah memikirkan sesuatu. Lantas, pria yang masih punya segudang mimpi di usia enampuluhan itu berkisah keadaan masa lalu sastra dan musik di Sumatera Utara.

“Sebelum Indonesia merdeka hingga tahun enampuluhan, Medan adalah ibu kota sastra Indonesia,”ujarnya mantap!. Memang, sastrawan-sastrawan asal Medan di masa lalu cukup punya nama di negeri ini. Sebut saja misalnya Khairil Anwar, Sanusi Pane, Armyn Pane dll!.

(Bahkan jauh sebelumnya, pada dekade 1920-an, atau jauh sebelum Indonesia Merdeka buku sastra dari sudah banyak menerbitkan sarta baik yang berbahasa Melayu maupun Batak. Tak usah jauh jauh, baca buku William Iskandar, sastrawan dari bangsa Mandailing itu, Sutan Hasundutan Pane, atau riwayat penerbitan buku yang kontroversial, Tuanku Rao. Jejak-jejak kejayaan sastra di Sumatera Utara masih bisa terlihat. Misalnya Penerbit Sastra Leo, warisan sangat berharga dari penyair Aldian Arifin).

Di mata Idris novel-novel Matu Mona merupakan karya sastra yang sangat bermutu yang dipublikasikan di era 50-an. “Hanya novel karya Pramoedya saja yang bisa menyaingi novel itu,”ujar sastrawan Sumut yang seangkatan dengan Eddy D Iskandar Pipit Senja, Mazza Yudha, Foeza Hutabarat, Iwan Lubis, Ishari Munir, As Atmadi ini.  

Idris merindukan terbukanya mata para masyarakat dan pejabat daerah ini kepada seni dan budaya. “Para pejabat buta seni, buta budaya. Negara yang menghargai sastra umumnya kehidupan dan kemajuan negaranya lebih bagus. Lihat misalnya Eropa dan Malaysia. Sastrawan sangat dihormati di sana” ujarnya.  

Kenapa kita perlu sastra?. ”Sastra adalah penyeimbang perilaku dan pikiran, pikiran dan hati (logika dan non-logika). Bisa berbicara apa saja. Spesialisasi sastrawan adalah generalis. Sidney Seldon, seorang sarjana filsafat. Dia bisa berbicara tentang pesawat Concord, jenis senjata dan lain-lain. Sastra adalah areanya semua disiplin ilmu”.

Idris menaikkan nada suaranya dan sedikit lebih bersemangat.  “Jurnalis bisa dibungkam tetapi karya sastra tidak bisa dihambat, karena dia fiksi. Saya bermimpi jadi presiden, tidak bisa dituntut,”ujarnya.
.
Kejayaan masa lalu sastra di Medan, membuat dirinya optimis bisa terwujud. “Saya bermimpi, ibu kota sastra harus kembali lagi ke Medan”ujar Idris.


Tapi tentunya tidak mudah. Bahkan Idris sendiri menyebut hambatan-hambatan berkembangnya sastra di daerah ini.

Perhatian para sponsor memang sangat sedikit ke dunia seni. ”Di Medan belum ada sponsor sastra yang mau, karena kembalinya modal cukup lama,sementara kebanyakan masih berpandangan pragmatis” katanya.

Sambil meletakkan gelasnya ke meja setelah menghirup kopi hitamnya, bang Idris beralih ke perbincangan soal seni.

Sambil matanya menerawang  ke atas, Idris bercerita tentang Tapian Daya dan Studio Film di Sunggal, serta kejayaan musik Sumut masa lalu..

“Itu studio film terbaik di Sumut. Dibangun oleh Marah Halim, diberdayakan oleh EWP Tambunan. Gubernur-gubernur sesudahnya hampir tidak memperdulikannya lagi,”ujarnya dengan rasa pesimis. . .

Menerawang ke masa lalu, Idris menyebut Sumut kaya grup-grup musik dan ensamble. Misalnya  ensamble Bukit Barisan, Orkes Studio Medan, RTM Orkes. Juga banyak Band yang populer dan sangat dikagumi. The Rithm Kings, The Mercys, Destroyer, Bayangkara, Nias Nada Band, Para Nada Band (milik PTP II.

”Kalau orang Sumut show di Jawa mendapat sambutan yang luar biasa. Kini kita bangga menonton Band dari luar Sumatra,”ujarnya

Semua itu harus dikembalikan. ”Medan juga harus menjadi ibu kota musik,”ujarnya.

Satu lagi keprihatinan Idris adalah penulisan budaya yang dikaitkan dengan keindahan alam dan budaya provinsi ini. Dia sangat gerah melihat miskinnya eksplorasi alam dan budaya kita yang kaya untuk promosi wisata daerah ini.

Dia membandingkan dengan Bali. Setelah bom Bali 1 dan 2, pemerintah mendukung SCTV membuat film TV. Para seniman digerakkan untuk menulis tentang Bali. Di sana ada Ubud Writers. Padahal, Sumatera Utara sangat potensial dan banyak keindahan alam dan budayanya.

Hardy seorang pelukis terkenal dari Yogya, mengatakan: ”Dari manapun Danau Toba Indah. Sambil buang air, memandang kemanapun Danau Toba Indah. Kenapa tidak ditata. Kalau alam seperti ini ada di Yogya, wah pasti sudah luar biasa. Dari pesawat terlihat indah, tiba di darat suasananya indah dan menyejukkan”.

“Saya akan menggagasi adanya Toba Literary Festival yang dilaksanakan setiap tahun. Rencananya dilaksanakan Juni 2012,” ujarnya. Selain mengangkat budaya, menurut Idris, festival seperti ini juga mengangkat wisata di wilayah Toba dan daerah wisata lainnya..

Menggali potensi keindahan alam dan budaya dengan melibatkan para penulis, seniman di Bali cukup berhasil untuk promosi wisata, memperbaiki citra wisatanya. Citra Bali yang sempat mundur setelah bom Bali 1 dan 2 kini pulih. Mengapa pula Sumut tidak bisa? 

Mimpi-mimpi dan harapan-harapan ini tentunya bukan hanya milik Idris, tetapi milik masyarakat Sumatera Utara. Mari, membuka mata!.

Menulis Satu Artikel Setiap Hari, Memang Tidak Mudah

Oleh: Jannerson Girsang

Sumber foto: www.lugaswicaksono.blogspot.com

Menulis setiap hari dan dimuat di Media, ternyata tidak mudah. Dibutuhkan rasa resah setiap hari, disiplin dan ketenangan lingkungan.

Buktinya, bulan ini saya hanya mampu mengisi 18 kali penerbitan di Harian Analisa, Jurnal Medan dan Batak Pos. Salut bagi mereka-mereka yang bisa menghasilkan tiga atau empat tulisan setiap hari. 



Meski demikian, bulan Pebruari ini adalah record terbanyak artikel yang pernah saya terbitkan di media cetak dalam satu bulan. Soal kualitasnya belakangan.


Saya merasakan menulis itu nikmat, dan setiap hari merasakan kejernihan pikiran dan ketenangan hidup. 

Setiap penulis, pasti punya pembaca!."Sepintar apapun anda, masih ada yang lebih pintar. Sebodoh apapun anda masih ada yang lebih bodoh dari anda. Jangan pernah minder menulis".

Jadi, kalau ada yang menghina tulisan Anda karena masih kurang bagus, berarti dia belum pernah menulis.  Setiap orang mesti menghargai pendapat atau buah pikiran seseorang betapapun buruk atau kecilnya kontribusinya. Yang perlu diingat, anda tidak menulis soal SARA--melecehkan agama, suku dan ras.

Mau berfikir jernih dan tenang, menulislah apa saja yang ada di sekitar anda, keresahan anda. 

Salah satu keresahan hati saya adalah seputar pariwisata di sekitar Danau Toba. Diselingi kisah wisatawan asing yang kemudian jatuh cinta pada negeri ini dan menjadi duta wisata melalui talenta-talenta yang mereka miliki.

Menyambut Ulang Tahun ke 8 Facebook—jejaring sosial yang sangat digandrungi orang Indonesia dan dunia itu, saya mengajak kita melihat sisi lain kisah sang penciptanya. Sebuah pelajaran berharga bagaimana sebuah kreativitas diapreasiasi dan berkembang menjadi besar. Pelajaran bagi bangsa ini dalam mendongkrak kreativitas anak muda kreatif. 

Minat tulis baca para guru juga mendapat perhatian saya. Anak-anak didiknya tidak menulis karena guru-gurunya tidak memberikan kebanggaan menulis bagi muridnya. Guru tidak menulis...karena pemerintah dan masyarakat belum menghargai prestasi mereka menulis.

Menyambut Hari Pers Nasional tahun ini, saya mengangkat kisah SK Trimurti, wartawan tiga zaman yang seyogianya menjadi teladan pada jurnalis perempuan. Prestasi Anggun C Sasmi mewakili Perancis ke Eurovision 2012, menginspirasi kita bahwa wanita Indonesia itu hebat. Perlu kerja keras, kreativitas dan cerdas!  

Bulan ini kita kehilangan Whitney Houston. Saya tidak mengagungkan kehebatannya, tetapi justru kepahitan yang dialaminya sebagai bintang. “Ketenaran, Harta, Tak Menjamin Kebahagiaan”.  Karakter bintang mesti dimiliki seorang bintang.

Pilgubsu akan berlangsung setahun lagi. Kita perlu menggaungkannya sejak sekarang. Kita membutuhkan gubernur yang memikirkan nasib seluruh rakyat Sumut dan memahami potensi daerah, letak strategis provinsi ini dan pengembangannya untuk kemakmuran rakyat.

Prestasi kesebelasan PSMS mendapat perhatianku, karena belakangan ini kesebelasan Ayam Kinantan ini memiliki taji yang makin tumpul. Masih ada harapan, meski PSMS IPL tunduk 0-2 di tangan Bontang dan hanya mampu menahan Sriwijaya FC 0-0 di kandang sendiri.

Keprihatinan perkembangan sastra, penulisan dan seni  di Sumut kami ungkap melalui wawancara khusus dengan Idris Pasaribu, penulis novel Acek Botak. Negara yang mengagungkan sastra umumnya lebih beradab. Jangan-jangan negeri kita yang penuh kekerasan ini, karena tidak lagi menghargai sastra dan para penulis kreatif.

Information Overload, adalah istilah yang mungkin masih asing bagi anda. Perkembangan teknologi informasi ternyata membuat kita capek memilih. Apa kiatnya agar kita bisa eksis dalam luberan informasi yang membuat kita capek?. Mau tau baca artikel saya bulan ini ya!.

Terima kasih untuk harian Analisa, Batak Pos dan Jurnal Medan yang telah memuat seluruh artikel saya bulan ini.

Semoga apa yang saya tulis bulan ini, memberi warna bacaan Anda bulan ini. Berikut saya lampirkan seluruh artikel itu dan anda bisa akses di blog pribadi saya: http://www.harangan-sitora.blogspot.com.

  1. Delapan Tahun Facebook: Pelajaran Dari Mark Zuckerberg Analisa, 2 Februari 2012
  2. Suatu Sore di Pantai Silalahi (1), Batak Pos, 7
  3. Suatu Sore di Pantai Silalahi (2), Batak Pos, 8 Pebruari 2012
  4. Perjalanan dari Tongging ke Air Terjun Sipiso-Piso (1) Batak Pos 15 Februari 2012
  5. Perjalanan dari Tongging ke Air Terjun Sipiso-Piso (2). Batak Pos, 16 Pebruari 2012
  6. Meningkatkan Minat Tulis dan Baca Guru Jurnal Medan, 8 Februari 2012.
  7. Menyambut Hari Pers Nasional 2012: Merenungkan Perjuangan SK Trimurti Jurnal Medan, 9 Pebruari 2012
  8. Jalan Silalahi-Tongging: “Menikmati 14 Kilometer Pinggir Pantai” (1). Batak Pos, 10 Pebruari 2012
  9. Jalan Silalahi-Tongging: “Menikmati 14 Kilometer Pinggir Pantai” (2). Batak Pos, 11 Pebruari 2012
  10.  Menuju Pilgubsu 2013, Analisa, 12 Pebruari 2012
  11. The Indonesian Gloden Woman Singer: Anggun C Sasmi yang Menginspirasi, Jurnal Medan, 16 Pebruari 2012.
  12. In Memoriam Whitney Houston (1962-2012): Ketenaran, Harta, Tak Menjamin Kebahagiaan, Analisa, 18 Pebruari 2012
  13. Merindukan Kejayaan PSMS (1) : 2 Gol Dalam 5 Menit Batak Pos 20 Pebruari 2012
  14. Merindukan Kejayaan PSMS (2):  Batak Pos, 21 Pebruari 2012.
  15.  Wisatawan Asing Jatuh Cinta Daerah Wisata Kita (1), Batak Pos, 21 Pebruari 2012.
  16. Wisatawan Asing Jatuh Cinta Daerah Wisata Kita (2), Batak Pos, 22  Pebruari 2012
  17. Mengenal Idris Pasaribu: Profil dan Mimpinya (1), Batak Pos 27 Pebruari.
  18. Information Overload ": Dituntut Kemampuan Memilih" (Analisa, 28 Pebruari 2012)

Selasa, 28 Februari 2012

Information Overload "Dituntut Kemampuan Memilih" (Analisa, 28 Pebruari 2012)

Oleh: Jannerson Girsang

 
Sumber foto:  articles.nydailynews.com

Sadarkah pencari informasi sekarang ini sedang menghadapi situasi yang disebut information overload?. Mereka kesulitan memilih informasi yang dibutuhkan, buang waktu berjam-jam di depan komputer yang tersambung internet atau membaca berbagai jenis bacaan.

Information overload adalah istilah yang dipopulerkan Alvin Toffler dalam bukunya Future Shock buku best seller di era 70-an, didefiniskan sebagai sebuah kondisi dimana seseorang menjadi sulit memahami suatu isu dan atau kemudian mengambil keputusan akibat ketersediaan informasi yang berlebih.

Di era kemajuan teknologi ini kita dituntut kemampuan memilih luberan informasi akibat kemajuan teknologi informasi. Mari sharing pengalaman!.

****

Setelah mengenal dan menggunakan kemajuan teknologi informasi, saya banyak kehilangan waktu di depan komputer yang tersambung ke internet. Setiap hari muncul godaan mengetahui miliaran informasi. Mulai dari mengunduh atau hanya sekedar membaca selintas.

Dari banyaknya informasi itu, saya terkadang susah memilih, karena informasi baru terus mengalir. Seperti dikatakan Derek Dean and Caroline Webb dalam artikelnya berjudul Recovering from Information Overload, 2011. "Laju yang cepat dimana orang dan organisasi membuat dan menyebarkan informasi mempersulit kami mendapatkan pegangan".

Setiap pagi, saya duduk di depan komputer dan mulai dengan membuka Facebook, website beberapa media (Kompas, Republika, Suara Pembaruan, dll). Lantas membuka email, blog atau website yang lain.

Tidak puas dengan itu, saya mencari informasi melalui Google Search Engine yang mengindeks miliaran halaman web. Terdorong mempelajari informasi baru yang muncul setiap detik, sehinggasaya hanya sempat membaca sepintas, tanpa melekat di otak!.

Melalui http: www.worldnewspaper. com, saya bisa membuka puluhan ribu surat kabar dunia dengan berbagai informasi di dalamnya dari seluruh negara di dunia ini. Saya bisa mengakses ribuan situs perpustakaan dari seluruh dunia.

Pada saat tertentu, berhari-hari saya gunakan mengumpulkan e-book, artikel di media, dan lain-lain sumber. Asyik sekali!. Sayangnya, saya hanya menggunakan sedikit waktu membacanya, karena muncul lagi informasi baru. File komputer penuh, tetapi kebanyakan isinya tidak pernah saya buka sama sekali

"Conventional wisdom mengajarkan kita bahwa semakin banyak pilihan semakin baik. ¡¡Tapi terlalu banyak pilihan juga justru bisa merugikan. Dalam psikologi modern, ada studi yang menghasilkan pendapat bahwa terlalu banyak pilihan justru bisa mengurangi kualitas dari hasil pemilihan dan kepuasan pemilih" ujar Rusiawan dalam blognya.

Ketika membaca Business-Driven Information System yang ditulis buku Josua Tarigan dkk, 2010, saya sadar. Ter nyata saya bukan sendirian. Dalam bukunya itu, Josua mengilustrasikan pengalaman seseorang dalam era informasi ini.

"Bangun pagi lihat ponsel ada sms, e-mail, baca koran, melihat televisi, buka Facebook, Twitter, searching di internet dan lain-lain. Di sekeliling kita, bahkan tak punya jarak, ratusan bahkan ribuan media, tersedia dan memberikan informasi ke otak kita. Ketersediaan jumlah informasi yang begitu besar, bervariasi (termasuk keakuratannya ) dan cepat penyebarannya, menuntut kemampuan dan waktu lebih sehingga bisa mengambil manfaatnya secara benar dan efisien".

Josua memeringatkan saya dan anda. "Jika kita tidak bijak, maka hal di atas akan menjadi kebiasaan kita dan kita berfikir bahwa hal itu adalah ciri dari manusia kota, atau manusia yang berharga, itu menyita waktu kita berjam-jam kalau kita tidak waspada", ujar Josua Tarigan.

****

Perkembangan teknologi informasi membuat kita merasa dekat dengan jumlah informasi yang besar dengan variasi yang besar pula. Kita mebutuhkan kemampuan memilih informasi yang berguna.

Information overload mendorong Kevin A Miller menulis sebuah buku pada 2009, berjudul, "Surviving Information Overload: The Clear, Practical Guide to Help You Stay. Buku tersebut merupakan panduan yang membantu pembaca dalam information overload.

Sebuah percakapan menarik diungkapkan dalam buku itu, ketika Kevin sarapan dengan seorang temannya, seorang penulis yang sudah mapan. Menurut Kevin, temannya yang bernama Alan itu adalah penulis sepuluh buku, pembicara secara teratur dalam konferensi-konferensi, dan mengajar sepuluh kali seminggu, juga menghadapi tantangan information overload. Berikut petikan percakapan keduanya.

"Ketika anda mendengar istilah surviving information overload, apa yang terlintas di pikiranmu?," tanya Kevin lepada Alan. .

Alan menjawab: "Saya pikir, Bisakah anda ¡¯kecanduan informasi¡¯?. Tampaknya seperti itu"

"Kecanduan informasi"!. Apapun yang namanya kecanduan tentu berkonotasi tidak baik. Seperti yang saya utarakan di atas, saya dan mungkin banyak orang yang merasakannya sekarang ini.

***

Dulu, saat di bangku kuliah, saya mendapat pelajaran bahwa "informasi is power?". Benarkah dengan memiliki semua infomasi di dekat saya (kini hanya hitungan detik), saya memiliki kekuatan?

Memang istilah information is power benar ketika informasi masih sedikit dan tidak cukup untuk semua yang saya butuhkan.

Dengan perkembangan teknologi informasi sekarang ini, Kevin A Miller berpendapat saat ini mottonya berubah, dan bahkan secara ekstrim menyebutnya, Information is Fatigue. Informasi membuat kita lelah.

Media-media yang saya kunjungi, e-book yang diunduh secara gratis, ratusan bahkan ribuan artikel-artikel memberi terlalu banyak informasi dan membingungkan saya pada akhirnya.

Mungkin saya tidak bisa menyaring informasi, karena Miller menyebut banyak informasi yang saya temukan itu sebagai informasi bodoh (inane), tidak berarti (meaningless) dan melemahkan (inervating).

Kevin A Miller, mengingatkan, "Anda tidak perlu mengetahui semuanya (You do not need to know everything!)".

Di era informasi ini setiap pencari informasi dituntut memiliki kemampuan menyeleksi informasi yang diperlukannya, mendukung pekerjaan atau kebutuhannya, bukan sekedar mampu membukanya.

Meski belum tersedia penelitian yang akurat tentang banyaknya waktu sia-sia kemampuan memilih di tengah-tengah information overload ini, kita perlu koreksi diri. Jangan sampai banyak waktu terbuang sia-sia di depan komputer atau membaca bacaan-bacaan yang diklasifikasi Miller di atas, apalagi mengganggu pekerjaan utama kita, sebagaimana banyak dikeluhkan banyak perusahaan di dalam maupun di luar negeri belakangan ini. .

Berikut ini kami mengutip setidaknya tiga pertanyaan yang disarankan Miller dalam pencarian informasi pada situasi information everload ini. 1). Apakah ada orang lain yang ahli dalam topik yang saya inginkan. 2). Apakah topik tersebut perlu untuk keputusan yang akan saya ambil sekarang atau di masa mendatang?. 3). Apa hal paling penting untuk diketahui orang-orang di sekelilingku yang bergantung padaku. Semoga bermanfaat.***

Jumat, 24 Februari 2012

Bincang-bincang dengan Idris Pasaribu: "Mengenal Idris Pasaribu dan Mimpinya"

Oleh Jannerson Girsang

novel pincalang 
Sumber foto: http://www.antarafoto.com. 
 
Lelaki yang memasuki 61 tahun itu sedang menikmati rokok kreteknya, memandang kopi hitam di meja, berlipat tangan dengan mata memandang ke jalan raya yang membatasi dirinya dengan kantor Harian Analisa Medan.

Dia adalah Idris Pasaribu, yang dikenal luas sebagai seorang budayawan, seniman, wartawan, sutradara film, penulis novel. 

Kamis 23 Pebruari 2012, saat sarapan pagi dan minum kopi dan kue seadanya membawa kami ke dalam perbincangan yang berlangsung selama kurang lebih dari dua jam, seputar film yang sedang digarapnya, Amang Parsinuan, serta berbagai hal seputar issu sastra, budaya, pariwisata, serta persoalan lain di Sumatera Utara.

Untuk melihat sejauh mana kiprah dan mimpi penulis novel Acek Botak ini, hasil perbincangan itu diterbitkan berseri di harian ini. Kami awali dengan menyajikan profilnya.

Hari-hari selanjutnya anda akan menikmati pengalamannya yang menarik, komentar dan kritikannya seputar budaya, sastra, pariwisata, teater, film.

****

Idris Pasaribu lahir di Deli Tua 5 Oktober 1952. Masa kecil hingga remajanya berlangsung di Sibolga, kota pelabuhan terbesar di pantai Barat Sumatera.

“Tugas saya sehari-hari sebenarnya adalah seorang wartawan,”ujarnya membuka pembicaraan. “Cuma sebutan wartawannya hilang, karena saya lebih dikenal sebagai seniman dan budayawan,”tambahnya sambil tertawa.

Melihat usianya, pria ini seharusnya menjalani masa pensiun. Namun, tidak begitu saja tempatnya bekerja, Harian Analisa melepas dirinya dari redaktur Budaya. Jabatan itu sudah dipegangnya sejak 21 tahun lalu. Kini dirinya masih mengasuh Rubrik Sastra dan Budaya “Rebana” di Harian Analisa, Medan.

“Saya masih diminta memegang jabatan itu, meski usia saya sebenarnya sudah pantas pension,”ujarnya. Tentu, bisa ditebak!. Tak banyak orang yang berkompeten di dunia sastra, bidang yang sudah digelutinya sejak usia 16 tahun itu..

Nama Idris tidak asing lagi bagi para pegiat sastra di daerah ini. Dia telah menulis sedikitnya tiga novel, membina penulis-penulis muda, serta aktif di berbagai organisasi sastra.

Mimpinya: Mengembalikan Ibukota Sastra Indonesia ke Medan. “Saya ingin mengembalikan ibu kota Sastra Indonesia ke Medan”ujarnya mantap.

****

Ayah dari tiga orang anak laki-laki ini menapaki kisahnya di dunia penulisan dari bawah dengan penuh liku.

Kisahnya berawal dari minatnya menulis yang didukung oleh berbagai perlombaan yang dilaksanakan di sekolahnya.”Sedikitnya dua bulan sekali Pastor Hugo—salah seorang guru kami mengadakan lomba mengarang,” ujarnya mengenang awal ketertarikannya menggeluti dunia sastra.

Dalam setiap perlombaan,  karya-karyanya ternyata mendapat penilaian di peringkat atas Karya-karyanya menghiasi majalah dinding sekolahnya, membuatnya merasakan kebanggaan tersendiri sebagai seorang penulis remaja.  “Saya selalu mendapat juara satu dan ini membuat saya selalu bersemangat,”ujarnya.

Idris kemudian mengirimkan karya-karyanya ke Harian Suluh Marhaen. Pasalnya, ketika itu dia diangkat menjadi Ketua Suluh Marhaen Youth Club. ”Saat itu setiap partai memiliki kelompok pemuda dan surat kabar sendiri,”ujarnya.  Menurutnya, cerpennya cukup menarik bagi para pengelola harian itu.

Masuknya Idris ke dunia jurnalistik di usia mudanya, memiliki kisah yang unik. Sambil menghirup kopi dan menikmati rokok kreteknya, dirinya mengisahkan sebuah peristiwa menyedihkan. ”Waktu itu wartawan Harian Suluh Marhaen di Sibolga  bermarga Simamora meninggal dunia”ujarnya.   

Lantas, saat upacara penguburannya Idris hadir. Para petinggi harian dari Medan juga hadir. Dalam sebuah pembicaraan, mereka (pemimpin redaksi dan staff) berbincang tentang pengganti Simamora. Di daerah pekuburan yang terletak di pinggir laut itu mereka menyebut nama Idris Pasaribu. Bak gayung bersambut, Idris secara proaktif memperkenalkan dirinya. Dialah lelaki yang dibicarakan itu. Karena selama ini mereka sudah mengenalnya dari tulisan-tulisan Idris, maka tak menunggu proses lama, mereka sepakat mengangkatnya menggantikan  Simamora.

“Saya difoto saat di pekuburan itu, berlatar pantai Sibolga. Beberapa hari kemudian, saya menerima kartu pers, sebagai wartawan perwakilan Sibolga,”ujar lelaki yang semasa SMA aktif sebagai Ketua DPC GSNI (Gerakan Siswa Nasional Indonesia) itu mengenang peristiwa empat puluh tahun yang lalu itu.

Suasana awal terjun ke dunia jurnalistik, Idris mengalami masa tak menyenangkan. Tak lama menjadi wartawan di Suluh Marean, pada 1970 koran itu dibredel. Kemudian reinkarnasi koran itu terbit dengan nama Patriot. Koran inipun hanya berusia 4 bulan. Idris kemudian menjadi wartawan Koran Pos Utara (Selekta Group). 

****

Pada 1971, Idris hijrah ke Medan dan kuliah di Fakultas Hukum Univesitas Sumatera Utara, dan lulus pada 1979.

Semasa menjalani kuliah di Medan, dirinya menulis di berbagai koran di Medan, Bandung, Jawa Tengah, dan Jakarta (Suara Karya, Pikiran Rakyat dan Suara Merdeka). Juga menulis di Majalah Kartini, Sarinah dan Pertiwi serta media massa lainnya di Jakarta.

Tahun 1977 puisi-puisinya mulai dimasukkan dalam antologi sastrawan Sumatera Utara. Antologi puisi bersamanya terbit di Aceh (tiga judul), Jakarta dan Yogyakarta. Antologi cerpen bersama diikutkan di berbagai antologi yang terbit di Medan, Aceh, Jakarta bersama Hamsad Rangkuti dan penulis lainnya (Aisyah, Di balik Tirai Jendela) serta antologi cerpen bersama cerpenis Malaysia-Indonesia di Muara I dan Muara III.

Cerpen-cerpen Idris mengambil tema-tema sejarah,  budaya, kritik sosial. Seorang pengamat sastra Martin Alaeda, menilai cerpen-cerpennya memiliki gaya sastra reportatif. “Dia yang pertama kali mengatakan ada sastra reportatif, yaitu saya sendiri, Idris Pasaribu,”ujarnya.

Idris berpendapat bahwa menulis cerpen atau novel sebaiknya didahului dengan sebuah reset. Tujuannya agar cerpen tersebut membumi. Dia mencontohkan saat menulis Acek Botak (2009), sebuah novel yang becerita tentang masuknya orang-orang Cina, Jawa, Tamil ke Sumatera Utara. “Ketika saya menulis Acek Botak, saya melakukan riset yang panjang. Membaca novel saya pembaca seolah-olah pandangan mata atas kejadian 1927-1971 itu”ujar, pria yang  semasa mahasiswa dirinya aktif sebagai Anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia(GMNI) di Medan.

Sejak tujuhpuluhan Idris aktif dalam dunia teater. Sejak 1974. Idris bersama Burhan Piliang, Zakaria M. Passe, dan Darwin Rifai Harahap aktif di Tater Nasional di Medan mendirikan Teater Anak Negeri (TAN) dan pentas di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta dan Gedung Kesenian Banten di Tangerang.

Aktifitasnya yang intens di dunia sastera nasional semakin meningkat karena saat dia  menjadi Ketua Komunitas Sastra Indonesia (KSI) di Medan.

****

Memasuki usianya yang bagi kebanyakan orang digunakan bersantai, Idris masih terus bergelut dengan impiannya.

Selain menggarap film Amang Pasinuan, dia masih mempersiapkan novel. “Saya merencanakan meluncurkan dua novel tahun ini,”ujarnya.

Idris Pasaribu mudah ditemui di Taman Budaya Sumatera Utara (TBSU) persis “Di Bawah Pohon Asam” setiap Sabtu pukul 15.00 WIB. Tempat Idris dan para muridnya berdiskusi dan menularkan pengalaman yang dimilikinya. 

“Orang yang berhasil harus membuat orang lain lebih besar dari dirinya”ujarnya. Melalui Komunitas Sastra yang dikelolanya sekarang, Idris berniat menciptakan para penulis-penulis muda yang lebih besar dari dirinya. Ratusan penulis dibina dan digodok untuk menggantikan dirinya.    

Di luar semua kegiatannya itu, akhir-akhir ini Idris Pasaribu, sibuk menggarap sebuah film kisah lokalitas Batak, Amang Pasinuan. Sebuah film yang diangkat dari novel Amang Parsinuan karya Lucya Chriz.

Menurut Idris shooting filmnya dijadwalkan 5 Maret 2012 mendatang. “Kini kami sedang persiapan-persiapan dan latihan,”ujar suami RAY Srigusti Yuliana Hutauruk itu. . Latihannya dilaksanakan di sebuah lokasi di sebuah rumah di bilangan Medan Baru.

Dia menjadi sutradara film yang dimainkan oleh sekitar 25 orang pemain. “Amang Parsinuan adalah usaha memperkenalkan adat Batak, serta kritik lembut kepada adat  Batak itu sendiri”ujarnya. 

“Apa yang telah dibuat oleh anak-anak Medan dalam dunia filem ini cukup membuka mata kita. Meski dengan keterbatasan alat produksi tapi filem yang kita tonton ini cukup bagus, bahkan lebih baik dari filem sinetron yang banyak bergentayangan di televisi saat ini. Pesannya juga tersampaikan kepada audiennya, itu yang paling penting” kata Idris dalam situs pribadinya. Semoga sukses!

[1] Batak Pos, Hal 10, 23 Pebruari 2012.

Selasa, 21 Februari 2012

Merindukan Kejayaan PSMS (Batak Pos, 21 Pebruari 2012, Habis)

Oleh: Jannerson Girsang

 
Sumber foto:http://www.facebook.com/ANGGA.ERDIAN.SINAGA

Senin 20 Pebruari 2012, melalui layar ANTV yang menyiarkan secara langsung, saya menyaksikan pertandingan PSMS (Persatuan Sepak Bola Medan Sekitarnya) melawan Sriwijaya FC—peringkat I ISL (Liga Super Indonesia).

Pertandingan yang sangat menarik dan membanggakan. PSMS tampil percaya diri dengan ciri khas yang dimilikinya, tipe bermain rap-rap. ! .
****

Sempat muncul rasa kecut di awal pertandingan. Pasalnya Sriwijaya FC adalah peringkat pertama Liga Super Indonesia 2011. Sementara PSMS hanya menduduki peringkat 13. (http://www.ligaindonesia.co.id/)

Selain itu, sebelum pertandingan dimulai gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin tampil di layar televisi ANTV mendukung penuh kesebelasan ini. Sebelum tampil melawan PSMS di Stadion Teladan, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin tampil di ANTV memberi semangat bagi para pemainnya sebelum pertandingan dimulai. 

“Mari kita dukung Sriwijaya FC, kesebelasan kebanggaan Sumatera Selatan” ujar Alex.  Bekal sangat berarti bagi para pemain Sriwijaya FC di saat mereka maju ke medan laga.

Sementara kesebelasan kesayanganku PSMS, tak satupun pejabat yang tampil mendukungnya di ANTV seperti yang dilakukan Gubernur Sumatera Selatan!. Sedikit membesarkan hati karena melalui sekilas sorotan televisi terlihat Walikota Medan Rahudman turut menonton pertandingan ini.

Selain itu saya dihantui kegagalan kesebelasan PSMS di IPL (Liga Prima Indonesia), Sabtu 18 Pebruari lalu. Mudah-mudahan PSMS beda. Itulah harapanku!. Tapi, tetap saja dihantui perasaan, “jangan-jangan kalah di kandang sendiri. Sakitnya tak seberapa, tapi malunya ini!”.

****

Akh!. Perasaan-perasaan seperti itu akhirnya bisa kutepis. Saya yakin PSMS yang bermain di Liga Super Indonesia adalah kesebelasan tangguh dan punya semangat baja. Semangat bertambah karena pada menit-menit pertama, PSMS tampil menyerang dan terus menyerang. Beberapa peluang tercipta, meski tidak satupun menciptakan gol.

Serangan-serangan Sriwijaya FCpun tak kalah mengancam. Di babak pertama sedikitnya dua atau tiga kali Markus Morison, kiper PSMS menggagalkan bola ke gawangnya. Sedikitnya dua kali dirinya hanya berhadapan satu lawan satu dengan pemain Sriwijaya FC. Babak kedua, juga demikian. Beberapa kali pemain Sriwijaya FC, Ridwan, gagal memanfaatkan peluang di depan kiper Markus.

Saya memperhatikan sorotan-sorotan televisi di seputar tempat duduk di Stafion Teladan. Hijau Putih warna khas PSMS mendominasi Stadion yang sudah berusia lebih dari 58 tahun itu.

Mereka bernyanyi, bersorak sorai, persis seperti yang kami lakukan puluhan tahun lalu. Pendukung PSMS memang sangat fanatik, sampai sekarang. Bermain di kandangnya sendiri, memang sulit bagi pemain mengalahkan kesebelasan Ayam Kinantan ini.

Sepanjang dua kali empat puluh lima menit pertandingan babak pertama dan babak kedua, pertandingan, perasaan senantiasa was-was. Pasalnya, Sriwijaya FC adalah pemegang peringkat satu, sementara PSMS hanya menduduki peringkat 13 di Liga ISL 2011.

****

Saya sangat berbesar hati saat penyiar ANTV berkomentar; ”PSMS Medan tidak kelihatan sebagai pemain peringkat bawah. Mereka berhasil menahan penyerang Sriwijaya FC memainkan kreativitas mereka,” ujarnya. Meski sedikit menganggap remeh, tetapi, sebagai pendukung fanatik, saya tetap merasa bangga. .

Memang, dulupun ketika bermain di Stadion Gelora Bung Karno Senayan melawan Persib Bandung, puluhan tahun yang lalu, saya sering mendengar komentar senada dari pengamat sepakbola. Tapi, yah yang namanya pengamat. Berbeda dengan kami pendukung PSMS, selalu yakin PSMS menang.

Pertandingan 20 Februari 2012 sore, sangat membanggakan. Walaupun hanya berhasil menahan 0-0, saya acungkan jempol bagi PSMS Liga ISL. Saya kira, saya bukan sendirian memuji dan menikmati pertandingan yang sangat bermutu itu.

Impian saya PSMS berjaya seperti era 80-an masih memberi harapan. Pertandingan Senin sore itu membuktikan PSMS itu memang Ayam Kinantan. Salut buat pemain PSMS Medan. Terima kasih Markus cs. PSMS sore itu menampilkan ciri khasmu, tipe rap-rap: berkarakter, cepat, keras, ngotot, namun tetap bermain bersih dan menjunjung sportivitas.

Bukan saya yang bilang lho. Simak komentar penyiar ANTV berikut ini. ” Pertandingan ini menampilkan tontonan yang sangat menarik, terbuka, saling menyerang dan tanpa cacat. Dramatis dan penuh aksi,”kata penyiar ANTV menutup acara sore itu.

PSMS memang beruntung punya pendukung fanatik. Lawan tidak sembarangan buat target melawan PSMS kalau bermain di Stadion Teladan. Mimpi kami, kembalikan kejayaan PSMS, seperti dulu!. Tidak ada lagi komentar PSMS di peringkat bawah. Mesti tiga besar ke atas. Kita semua berdoa untuk kalian!.